Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Subuh, Ternyata Memiliki Keutamaan yang Besar

JABAR EKSPRES – Ibadah sholat subuh menjadi salah satu yang paling istimewa. Karena banyak keutamaan diadalamnya, bahkan ibadah lain yang dilakukan di waktu menjelang dan setelah sholat subuh juga memiliki fadhilah besar salah satunya dzikir. Bacaan dzikir dan doa setelah sholat subuh bisa kamu dapatkan di artikel ini.

Membaca dzikir dan doa setelah sholat Subuh yang dilakukan hingga syuruq atau matahari terbit memiliki fadhilah besar, di antaranya mendapat pahala Haji dan Umrah.

Semikian juga 2 rokaat sholat sunah sebelum subuh memiliki fadhilah kebaikan dunia dan seisinya.

Betapa istimewanya waktu subuh ini, sehingga sangat sayang bila kita terus melewatkannya. Apalagi bila dilakukan di dalam masjid, setelah sholat subuh dan tidak beranjak dari tempat sholat hingga matahari terbit.

Dalam Hadis yang diriwayatkan oleh Anas radhiyallahu ‘anhu, menyebutkan tentang keutamaan berdzikir dan berdoa setelah sholat subuh.

Rasulullah ﷺ bersabda: “Siapa yang mendirikan sholat Subuh berjamaah, kemudian duduk dan berdzikir kepada Allah hingga terbitnya matahari, kemudian mendirikan sholat dua rakaat, maka bagaikan pahalanya haji dan umrah dengan sempurna, dengan sempurna, dengan sempurna.” (HR at-Tirmidzi)

Bukan hanya itu, perintah untuk memperbanyak tasbih di waktu pagi dan petang juga sudah secara jelas tersurat dalam Al Quran QS Al Ahzab ayat 41-42, berikut ini :

“Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.” (QS. Al-Ahzab ayat 41-42)

Dengan perintah tersebut, Allah telah dengan jelas memerintahkan kita untuk berdzikir dan bertasbih di waktu subuh dan petang.

Untuk mempermudah kamu membaca dzikir dan doa, berikut akan diberikan bacaannya secara lengkap.

Bagian-bagian bacaan doa dan dzikir setelah sholat Subuh :

1. Istighfar 3 Kali.

2. Membaca kalimat Tauhid 10 Kali.

3. Membaca Doa Perlindungan dari Neraka 7 Kali.

4. Membaca doa keselamatan 1 Kali.

5. Membaca Doa Tauhid 1 Kali.

6. Membaca Surat Al-Fatihah 1 Kali.

7. Membaca Ayat Kursi 1 Kali.

8. Membaca Surah Al-Ikhlas 3 Kali.

9. Membaca Surah Al-Falaq dan An-Nas 1 Kali.

10. Membaca Tasbih 33 kali, Tahmid 33 kali, Takbir 33 Kali.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan