UTBK Digelar, Ribuan Peserta Ikut Seleksi di UPI

Jabar Ekspres – Sejumlah universitas di wilayah Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat menggelar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada Senin, 8 Mei 2023.

Sejumlah kampus yang menggelar UTBK Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) itu, di antaranya Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Padjajaran (Unpad) serta Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kepala Humas UPI, Deni Darmawan mengatakan, peserta yang mengikuti UTBK SNBT mencapai puluhan ribu dari berbagai SMA sederajat.

“Peserta yang mengikuti tes UTBK di UPI yang berlokasi di Bandung diikuti 16.141 peserta, UPI Kampus Cibiru diikuti 3.053 peserta,” kata Darmawan.

“UPI Kampus Sumedang diikuti 1.908 peserta, UPI Kampus Purwakarta diikuti 2.430 peserta, UPI Kampus Tasikmalaya diikuti 1.078 peserta,” lanjutnya.

BACA JUGA: Universitas Harvard akan Mengadakan Ajaran Bahasa Indonesia

Darmawan menerangkan, Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) di UPI tahun ini, kuota atau daya tampung yang ditawarkan sebanyak 11.134 orang.

Pada jalur SNBT melalui pelaksanaan UTBK, UPI menyediakan kuota sebesar 5.096, sisanya 3.185 untuk jalur Seleksi Nasional Bedasarkan Prestasi (SNBP) serta 2.853 untuk jalur seleksi mandiri.

Diketahui, peserta hanya diperbolehkan mengikuti UTBK sebanyak satu kali. Calon peserta yang dapat mengikuti SNBT tahun ini merupakan siswa lulusan 2021, 2022, dan 2023.

Melalui informasi yang dihimpun Jabar Ekspres, kampus lain yang menggelar UTBK yakni Unpad Jatinangor, Sumedang pelaksanaannya pada 8 sampai 13 Mei 2023 untuk gelombang pertama.

Sedangkan pelaksanaan UTBK gelombang kedua di Unpad, diselenggarakan pada 22 hingga 24 Mei 2023 mendatang.

Masih terkait UTBK, berdasarkan data dari panitia pusat UTBK ITB, peserta yang mendaftar UTBK di Institut Teknologi Bandung berjumlah 17.216 peserta, yang diketahui berasal dari berbagai provinsi atau daerah di Indonesia.

“Hasil UTBK hanya berlaku untuk mendaftar SNBT 2023. Mekanisme seleksi SNBT dilakukan berdasarkan hasil UTBK,” ucap Darmawan.

“Dan itu dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan PTN,” tambahnya.

BACA JUGA: Prodi Sarjana Teknik Kimia Unpar Raih Akreditasi Internasional IABEE

Darmawan mengungkapkan, pelaksanaan UTBK di UPI dilakukan dalam dua gelombang, yakni untuk gelombang pertama pada 8 sampai 14 Mei 2023.

Sedangkan untuk gelombang kedua diselenggarakan pada 22 hingga 28 Mei 2023 mendatang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan