Koperasi di Rutan Lapas Jabar dibawah Binaan Dinas Koperasi. Kerja Sama Diputuskan Rapat Anggota

Jabar Ekspres – Seluruh Koperasi yang ada di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jawa Barat dan UPT-nya berada di bawah binaan Dinas Koperasi. Hal itu diungkapkan Kakanwil Kemenkumham Jawa Barat R Andika Dwi Prasetya, Senin (8/5).

Hal itu juga merespon terkait dugaan adanya monopoli bisnis di dalam lapas oleh yayasan atau perusahaan anak menteri.

Andika mengungkapkan, di lingkungan kanwil atau UPT termasuk di dalam lapas atau rutan memiliki koperasi. Dan koperasi juga berhak untuk berkerja sama dengan pihak ketiga dalam menjalankan usahanya.

“Koperasi kan punya hak kerja sama. Termasuk koperasi di dalam lapas,” terangnya.

Andika melanjutkan, dalam menjalankan usahanya, koperasi juga tentu mengikuti aturan – aturan yang ada. Termasuk dalam penentuan rekan kerja sama.

Biasanya dalam koperasi ada keputusan berdasarkan rapat anggota. Hal itu yang menjadi penentu dalam langkah usaha koperasi.

“Tentu ada aturannya. Kami tidak berani berbuat yang tidak sesuai dengan aturan,” sambungnya.

BACA JUGA: Kadivpas Jabar Pastikan Viral Kamar Mewah Rutan Kebon Waru Sudah Bersih

Dalam kesempatan itu Andika juga menegaskan bahwa seluruh pegawai kanwil khususnya Jawa Barat agar bekerja dengan benar. Artinya mengikuti ketentuan yang ada.

“Kalau melanggar akan ditindak tegas. Kami usulkan sanksi paling berat,” imbuhnya.

Terkait dugaan monopoli bisnis yang dimaksud adalah adanya peran dari Yayasan Jeera Foundation. Tetapi yayasan tersebut sebenarnya banyak terlibat dalam pelatihan keterampilan bagi warga binaan pemasyarakatan.

Selain soal dugaan monopoli bisnis, internal rutan atau lapas juga sempat diguncang terkait dugaan fasilitas kamar mewah. Khususnya di Rutan Kebon Waru, Kota Bandung.

Tetapi kondisi itu telah ditepis oleh pihak kanwil. Sidak langsung juga telah banyak dilakukan. Termasuk oleh Kakanwil Kemenkumham Jabar, Senin (8/5).

Kamar yang diperiksa termasuk Blok B kamar 20. Kamar yang sempat viral karena terdapat fasilitas mewah bagi penghuni.

Saat ini kondisinya memang sudah tidak seperti yang nampak pada foto yang sempat beredar. Sudah bersih, fasilitasnya standar seperti pada umumnya. (son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan