Ema Minta Masyarakat Jangan Terprovokasi dengan Diaktifkannya Kembali TPS Cicabe

JABAREKSPRES – Keberadaan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Cicabe, di Kelurahan Jatihandap, Kecamatan Mandalajati Kota Bandung yang sudah diaktifkan kembali harapannya mendapat dukungan dari masyarakat.

Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, diaktifkannya kembali TPS Cicabe dilakukan untuk menampung sebangian sampah yang ada di Kota Bandung.

BACA BERITA: TPS Cicabe Kota Bandung Ditutup Sementara, Jalan Masuk Diperbaiki

Hal ini dilakukan, karena TPAS Sarimukti sedang mengalami kendala. Sehingga, pengangkutan sampah di Kota Bandung menjadi terhambat.

Ema meminta, masyarakat sekitar dapat memahami dan tidaj terprovokasi mengenai reaktifasi TPS Cicabe ini.

‘’Jadi tolong mengerti dan jangan terprovokasi, ini hanya sementara, nanti kalauTPA Sarimukti sudah kembali normal, maka pembuangan sampah Kota Bandung akan kembali seperti semula,’’ tutur Ema kepada wartawan, Sabtu, (6/5).

BACA BERITA: BPN Kota Depok Ingin Selesaikan Masalah Lahan Warga pada Proyek Tol Cijago Segera Tuntas

Ema menyebutkan, dalam situasi normal setiap harinya sekitar 1.200 ton sampah diangkut ke TPA Sarimukti.

Akan tetapi karena ada kendala di TPAS Sarimukti, ada sekitar 500-600 ton sampah tidak dapat terangkut.

Hal ini, menjadi dasar pemkot mengaktifkan kembali TPA Cicabe sebagai opsi tempat pembuangan sampah yang bersifat sementara.

TPA Sarimukti  sendiri sedang dilakukan peluasan untuk zona pembuangan. Sehingga jika ini rampung, maka pembuangan sampah akan kembali berjalan normal.

BACA BERITA: Waspada Penipuan Membuat Surat-surat Penting, Begini Modusnya!

“Jadi kalau itu semua sudah normal, kita akan kembali ke sana. Kita akan berikan edukasi penanganan sampah ke masyarakat,” ujar Ema.

Meski begitu, saat ini TPS Cicabe belum bisa diakses secara optimal. Sebab, jalan masuk ke TPS Cicabe harus terlebih dahulu dilakukan perbaikan.

‘’Untuk itu, selama dua hari kedepan Jalan masuk ke TPS Cicabe akan diperbaiki terlebih dahulu,’’ ujar Ema.

Untuk akses masuk jalan akan dilakukan pengerasan. Sebab, truk pengangkut sampah memiliki bobot tonase berukuran 6 kubik.

BACA BERITA: Warga Kota Cimahi Diduga Dipekerjakan Secara Ilegal Sebagai Scammer Online di Myanmar

Dari pantauan yang dilakukan oleh Jabar Ekspres, jalan masuk menuju TPS Cicabe sedang dilakukan pengaspalan dengan panjang sekitar 300 meter.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan