Total 44.915 Wisatawan Kunjungi Kota Bandung Saat Libur Lebaran, Okupansi Hotel Naik 95 Persen

BANDUNG, JABAR EKSPRES – Momen libur Lebaran, Kota Bandung menjadi pilihan destinasi wisata favorit, yang banyak dikunjungi oleh para pelancong dari berbagai daerah.

Dinas Kebudayaan dan Parawisata (Disbudpar) Kota Bandung mencatat, sebanyak 44.915 wisatawan telah datang selama libur lebaran 2023.

Sekretaris Disbudpar, Nuzrul Irwan mengatakan, meningkatnya para wisatawan yang datang ke kota kembang ini diakibatkan telah pulihnya ekonomi pasca pandemi.

“Tahun ini lebih banyak wisatawan ke Kota Bandung dibandingkan tahun 2022 lalu. Karena tahun lalu masih ada PPKM,” kata Nuzrul Irwan, Rabu 3 Mei 2023.

Adapun destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi yaitu Kiara Artha Park dengan total pengunjung sebanyak 18.188 wisatawan. Disusul Taman Lalu Lintas sebanyak 14.830 wisatawan.

Lalu, Karang Setra Waterland sebanyak 8.911 wisatawan, Trans Studio Bandung 2.180 wisatawan, dan Saung Angklung Udjo 806 wisatawan.

BACA JUGA: Mengagumi Keindahan Kiara Artha Park Di Malam Hari

Penampilan seni lokal di Saung Udjo, Kota Bandung.
Penampilan seni lokal di Saung Udjo, Kota Bandung. (Foto: Mg1/JE)

Dalam upaya menarik wisatawan, Disbudpar Kota Bandung menggelar event bertajuk Calender of Event (COE) 2023. Dalam kegiatan ini terdapat 10 acara top event, dan 78 acara pendukung. Hal ini diharapkan mampu menggenjot ekonomi daerah.

Banyaknya kunjungan wisatawan yang datang berlibur, tentunya berdampak pada okupansi atau tingkat hunian hotel di Ibukota Jawa Barat ini, yang melejit sebesar 95 persen.

Nuzrul menjelaskan, per 23 April 2023 tingkat okupansi menyentuh angka 95,78 persen, pada 24 April 2023 mengalami sedikit penurunan ke angka 91,89 persen, dan 25 April 2023 sebanyak 86,45 persen.

“Okupansi memang tahun sekarang lebih tinggi dari tahun kemarin. Berdasarkan data PHRI (Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia), sekarang di Kota Bandung okupansinya alhamdulillah tinggi,” jelasnya

Menurut Irwan, pada saat Covid-19, kunjungan wisata sempat menurun di kota kembang ini. Namun saat ini dengan berbagai acara yang digelar dapat menarik banyak wisatawan.

“Ada berbagai event yang dapat menjadi destinasi wisata di Kota Bandung. Mudah-mudahan bisa menarik wisatawan ke kota ini seperti sebelum pandemi Covid-19,” pungkasnya. (Mg1)

BACA JUGA: Pesona Jalan Asia Afrika Kota Bandung Di Malam hari

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan