Refleksi Ketua Umum Kompenas Pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023

JABAR EKSPRES – Peringatan Hari Pendidikan Nasional bertujuan untuk mengingat jasa-jasa Ki Hajar Dewantara dalam dunia pendidikan. Selain itu, 2 Mei juga diharapkan menjadi momentum untuk menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme bagi seluruh insan pendidikan.

Maka dari itu, sebagai sebuah perayaan tahunan, peringatan Hari Pendidikan Nasional memiliki makna penting dalam meningkatkan kesadaran dan memperingati pentingnya pendidikan bagi kemajuan bangsa. Peringatan ini juga menjadi momentum yang tepat untuk merenungkan kembali peran penting pendidikan dalam kehidupan kita dan bagaimana kita dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Di tengah-tengah pandemi yang sebelumnya telah terjadi, pendidikan telah mengalami banyak tantangan, terutama dalam hal pembelajaran jarak jauh atau online. Banyak sekolah yang harus beradaptasi dengan pembelajaran online dan mengatasi tantangan teknis dan sosial dalam hal ini.

BACA JUGA: Tanggapan Dan Harapan Dosen UIN Bandung Terhadap Sistem Pendidikan Indonesia

Oleh karena itu, Diki Hadiana selaku Ketua Umum Kompenas (Komunitas Pendidikan Nasional) menyampaikan refleksinya bahwa peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023 ini hendaknya menjadi kesempatan untuk kita semua meninjau kembali upaya yang telah dilakukan dalam mengatasi tantangan selama melaksanakan pembelajaran jarak jauh atau online dan senantiasa berkomitmen untuk terus memperbaiki kondisi pendidikan di masa depan.

“Peringatan hari Pendidikan Nasional 2023 ini hendaknya menjadi kesempatan bagi kita semua untuk meninjau Kembali upaya yang telah di lakukan dalam mengatasi tantangan selama melaksanakan pembelajaran dalam memperbaiki kondisi pendidika di Indonesia,” ucap Diki Hadiana.

Kompenas merayakan Hari <yoastmark class=

BACA JUGA: Pesan Nadiem Makarim Untuk Hari Pendidikan Nasional 2023

Diki Hadiana juga mengatakan, peringatan Hari Pendidikan Nasional juga menjadi momentum yang tepat untuk menghargai dan mengapresiasi peran penting guru dalam memberikan pendidikan yang berkualitas. Guru-guru merupakan jantung dari sistem pendidikan dan mereka berperan penting dalam membentuk karakter dan potensi peserta didik.

Ketua Kompenas tersebut juga menambahkan, kita harus menghargai dan memotivasi para guru untuk terus mengembangkan diri dan memberikan pendidikan yang lebih baik di masa depan.

“Menurut saya peringatan Hari Pendidikan Nasional juga bisa menjadi momentum yang tepat untuk menghargai dan mengapresiasi peran penting para guru dalam memberikan pendidikan yang lebih berkualitas. Yang dimana guru-guru merupakan jantung dari sistem pendidikan dan mereka berperan penting dalam membentuk karakter dan potensi peserta didik. Oleh karena itu, kita harus menghargai dan memotivasi guru-guru untuk terus mengembangkan diri dan memberikan pendidikan yang lebih baik di masa depan,” tutur Ketua Kompenas tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan