Manfaat Tanaman Hias yang Tidak Boleh Kamu Remehkan, Tingkatkan Kualitas Udara Ruang Kerja atau Rumah

JABAR EKSPRES – Berikut ini merupakan informasi mengenai manfaat dahsyat tanaman hias.

Percaya atau tidak, tanaman hias sangat berguna sekali dalam menetralisir kualitas udara di ruangan, di samping jadi benda elok di ruangan.

Melansir laman Universitas Birmingham, tanaman hias dapat berperan untuk menurunkan kadar dioksida nitrogen (NO2) yang bertebaran di ruangan.

Setidaknya tanaman kecil dalam pot ini mampu mengurangi NO2 sebanyak 20 persen ruangan kerja atau rumah kamu, loh.

Para peneliti menguji tiga tanaman yang biasa ditemukan di rumah-rumah di Inggris, mudah dirawat dan tidak terlalu mahal untuk dibeli.

BACA JUGA: 5 Makanan Sehat Agar Paru-Paru Tetap Sehat di Saat Puasa

Salah satunya adalah Peace lily (Spathiphyllum wallisii), tanaman Jagung (Dracaena fragrans) dan pakis arum (Zamioculcas zamiifolia).

Para peneliti menaruh tanaman-tanaman hias tersebut selama satu jam di ruang uji yang memuat kadar NO2 yang sebanding dengan ruang-ruang kantor yang sibuk.

Hasilnya menunjukkan bahwa mereka, apa pun jenisnya, mampu menghapus sekitar setengah NO2 di dalam ruang uji tersebut.

Adapun kinerja tanaman hias tidak bergantung pada lingkungan tanaman, misalnya kondisi penerangan atau kelembaban tanah tanaman.

Ketua tim peneliti Dr. Christian Pfrang mengatakan bahwa semua jenis tanaman hias mempunyai kemampuan sama dalam menghilangkan NO2 di atmosfer.

BACA JUGA: Cek Sekarang! THR PNS 2023 Cair Hari Ini, Sri Mulyani: Sudah Mulai Dicairkan 4 April 2023

“Ini sangat berbeda dari cara tanaman dalam ruangan mengambil CO2 dalam pekerjaan kami sebelumnya, yang sangat bergantung pada faktor lingkungan seperti waktu malam atau siang hari, atau kadar air tanah,” tambah Dr. Christian Pfrang.

Tim juga mengkalkulasi hasil penelitian ini bagi kantor kecil (15 m3) dan kantor menengah (100 m3) dengan tingkat ventilasi yang berbeda.

Di kantor kecil yang berventilasi buruk dengan tingkat polusi udara yang tinggi, para peneliti menghitung bahwa lima tanaman hias akan mengurangi tingkat NO2 sekitar 20%.

Di ruang yang lebih besar, efeknya akan lebih kecil, yakni sebesar 3,5%. Artinya, kamu hanya perlu menambahkannya untuk meningkatkan kemampuannya menghilangkan NO2 di ruangan kantormu yang luas itu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan