Libur Panjang Berakhir, Kawasan Wisata di Lembang Mulai Lengang

MOMEN libur panjang seusai lebaran berakhir pada Senin (1/4). Kondisi kawasan pariwisata pun mulai lengang, salah satunya di Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Angka kunjungan wisata pun kian berkurang. Bahkan mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Berdasarkan pantauan Jabar Ekspres, kawasan objek wisata di wilayah Lembang lantas cenderung sepi.

Diantaranya objek wisata The Great Asia Afrika dan Farmhouse Lembang, wisatawan yang masuk hanya segelintir orang saja dan tidak terlihat adanya antrean mengular di pintu masuk, layaknya pada libur akhir pekan kemarin dan saat H+1 dan H+2 Lebaran.

“Puncak kedatangan wisatawan sudah selesai pada hari Minggu kemarin, kalau sekarang mungkin sudah pada pulang,” ujar Wawan Gunawan pengelola objek wisata The Great Asia Afrika, ditemui di Lembang, Senin (1/5/2023).

Ia menjelaskan, kondisi ini memang sudah wajar dan biasa terjadi di hari terakhir libur panjang. Pasalnya para wisatawan dari luar daerah diduga sudah ingin pulang untuk beristirahat sebelum akhirnya menjalankan aktivitas atau rutinitas bekerja seperti biasanya.

“Biasanya saat long weekend di hari akhir liburan, para wisatawan hampir 90 persen sudah pulang dan pada sampai di rumah masing-masing, untuk istirahat,” ucapnya.

Menurutnya, tingkat kunjungan wisatawan di akhir pekan kemarin jumlahnya menurun menjadi 2.000 hingga 2.500 orang sedangkan paling tinggi terjadi pada H+1 Lebaran dengan jumlah mencapai 3.500 wisatawan dalam satu hari.

“Kalau hari terakhir liburan panjang ini, saya prediksi akan lebih sedikit lagi, paling hanya akan sampai 1.000 sampai 1.500 wisatawan yang datang, jadi menurun,” ujar Wawan.

Sementara itu, Kanit Gakum Satlantas Polres Cimahi, Ipda Bayu Subakti mengatakan, volume kendaraan sudah menurun karena puncaknya (kedatangan wisatawan) terjadi hari Minggu kemarin, sehingga pada hari terkahir libur ini hanya didominasi wisatawan domestik.

“Alhamdulillah, volume kendaraan pada hari terakhir libur panjang ini mengalami penurunan 50 persen jika dibandingkan dengan akhir pekan kemarin,” ucap Bayu.

Berdasarkan hasil pemantauan, pada hari terakhir libur panjang ini sudah banyak kendaraan wisatawan berplat nomor luar daerah kata Bayu banyak yang keluar dari hotel dan penginapan yang ada di kawasan objek wisata Lembang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan