May Day di Kabupaten Bandung, Polisi Pastikan Tak Ada Aksi Buruh

Kapolresta Bandung, Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan, tidak akan ada aksi buruh pada saat Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day), Senin (1/5) nanti di Kabupaten Bandung.

Dia menuturkan, pihak kepolisian sudah mengonfirmasi hal tersebut pada beberapa serikat pekerja, di wilayah Kabupaten Bandung.

Kegiatan May Day nanti, kata Kusworo, di wilayahnya bertugas tersebut dipastikan diganti dengan kegiatan lain. Bukan sekadar aksi unjuk rasa.

“Mungkin nantinya akan dilaksanakan istighosah,” ujar Kusworo saat ditemui, Minggu (30/4/2023).

Kusworo menambahkan,dalam kegiatan May Day yang rencananya akan menggelar Istighosah tersebut, pihaknya bakal melibat sejumlah serikat pekerja dan instansi.

Termasuk jajaran Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bandung.

“Kami akan melaksanakan kegiatan istighosah, kemungkinan waktu dan tempatnya akan dibahas lebih lanjut,” katanya.

Meski begitu, pihaknya tetap mengantisipasi adanya pergerakan para serikat pekerja yang akan pergi ke Jakarta untuk memperingati May Day.

“Ada, dan sudah berkomunikasi dengan kami. Di data kami ada dua serikat pekerja yang menyampaikan kepada kami akan berangkat. Totalnya sekitar 75 sampai 100,” jelasnya.

Dirinya pun kata Kusworo sudah mendapatkan data terkait penanggung jawab dalam keberangkatan para serikat pekerja ini ke Jakarta.

“Nama-nama sudah kami data, penanggung jawab pemberangkatan juga sudah kami simpan nomer handphonenya,” tegasnya.

Kusworo pun meminta kepada para serikat pekerja yang akan pergi untuk tetap menjaga keamanan dan kondusifitas dalam kegiatan nanti.

“Dan kami juga wanti-wanti agar tetap menjaga keamanan dan kondusifitas daripada kegiatan maupun selama perjalanan supaya sampai dan kembali pulang bisa aman,” ungkapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan