Pesona Perkebunan Teh Cukul Pangalengan Menarik Kalangan Wisatawan

JABAR EKSPRES – Kota Bandung memang tidak ada habisnya dalam memberikan keindahan alam, salah satunya di daerah Pengalengan. Daerah yang terkenal dengan perkebunan teh yang luas di Indonesia.

Perkebunan teh di Pangalengan berkembang dengan cepat dan luas, karena perkebunan memiliki peran dan kedudukan yang penting dalam menghasilkan devisa negara. Di samping itu, teh berperan sebagai komoditi ekspor Indonesia sebagai penghasil devisa negara karena peranannya cukup besar dalam menunjang perekonomian nasional.

Salah satu perkebunannya adalah Perkebunan Teh Cukul yang ada di Pangalengan. Sejauh mata memandang panorama alam seakan terhampar luas.

Pangalengan adalah sebuah kota kecil sekitar 45 KM dari Bandung ke arah selatan yang berhawa sejuk dan kaya dengan keindahan alam. Daerah ini dikenal sebagai daerah pertanian, peternakan dan perkebunan, yang dikelola oleh PTPN (PT Perkebunan Nasional). Disini juga banyak industri – industri yang mengolah susu sapi menjadi makanan seperti permen dll.

BACA JUGA: Pulau Nusa Manona, Duplikat Wisata Danau Toba Di Bandung Selatan

Jika dilihat dari sejarah, perkebunan Teh Cukul ini merupakan Perkebunan PT Tatar Anyar Indonesia (Cukul Estate) merupakan satu dari sekian banyak perkebunan teh yang ada di Jawa Barat. Dalam perkembangannya, perkebunan teh ini memiliki sejarah panjang dalam persebaran perkebunan teh di Indonesia. Dimulai dari Belanda dan nantinya diikuti oleh pengusaha lain dari berbagai negara sesuai dengan pembabakan sejarah yang ada.

AKSES KE PERKEBUNAN TEH CUKUL PANGALENGAN

Kebun Teh Cukul adalah destinasi yang lagi ngehits di Jawa Barat. Perkebunan Teh Cukul yang masuk dalam areal PTPN VIII Malabar letaknya di Pangalengan, sekitar 3 jam dari Kota Bandung. Posisinya sedikit lebih tinggi dibanding Malabar, yakni sekitar 1.600 mdpl. Cocok untuk pemburu sunrise karena kita bisa melihat anggunnya matahari terbit.

Satu-satunya cara terbaik dalam menuju ke lokasi perkebunan Teh Cukul yaitu dengan kendaraan pribadi. Entah itu motor maupun mobil. Rute arah jalannya pun juga tidak rumit. Dari pusat kota Bandung yang menuju ke arah Baleendah. Kemudian ambil arah menuju ke Banjaran – Pangalengan. Agar bisa sampai ke tempat yang indah ini, anda harus menyiapkan kendaraan dan barang bawaan. Pastikan kendaraan yang akan dipakai menuju tempat wisata dalam kondisi baik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan