Cara Broadcast Whatsapp Tanpa Harus Menyimpan Kontak

Jabar Ekspres – Fitur broadcast Whatsapp sangat membantu pemilik bisnis untuk menyampaikan pesan ke banyak konsumen. Sayangnya cara broadcast Whatsapp ke semua kontak harus dibarengi dengan menyimpan nomor terlebih dahulu.

Jika harus menyimpannya, Anda perlu melalui tahap manual memasukkan nomor ke hp. Padahal mungkin saja data nomor yang akan dikirimi pesan jumlahnya ratusan dan tidak ada waktu untuk menyimpannya satu per satu. Lalu bagaimana solusinya? Anda bisa mencari tahu cara yang lebih efektif di sini.

Cara Broadcast Whatsapp Tanpa Batasan dan Simpan Nomor

Tidak hanya menyimpan nomor, Whatsapp juga memberikan batasan jumlah pesan yang bisa dikirimkan yaitu hanya ke 256 kontak per harinya. Jika Anda mengirimkan lebih maka broadcast akan dianggap spam dan akun bisa diblokir.

Supaya bisa mengirimkan pesan broadcast lebih banyak dan tidak menyimpan nomor, Anda harus menggunakan layanan Whatsapp Application Programming Interface (API). Ketika memiliki Whatsapp API maka akun WA Anda akan bercentang hijau.

Supaya bisa menggunakan Whatsapp API untuk mengirim broadcast, Anda bisa mengikuti langkah berikut ini.

BACA JUGA: Cara Menggunakan 2 Akun GB WhatsApp Prima di 1 HP

1. Mendaftar ke Mitra Resmi Whatsapp Business API

Anda harus sudah mempersiapkan nomor hp yang akan digunakan sebagai Whatsapp API. Nomor ini harus bisa digunakan untuk menerima panggilan dari nomor lokal dan internasional. Begitu juga untuk menerima pesan sms dan belum didaftarkan ke akun WA.

Kemudian Anda bisa mendaftarkan diri ke mitra resmi Whatsapp API yang ada di Indonesia. Cara mendaftar hanya perlu memberikan email, nomor yang akan digunakan untuk Whatsapp API dan beberapa syarat khusus lainnya.

2. Melakukan Verifikasi Facebook Business Manager

Anda sudah bermitra, namun Whatsapp memiliki syarat khusus untuk pemilik bisnis dalam mengakses layanan ini. Anda perlu verifikasi dokumen bisnis yang akan diteliti kembali apakah ketentuannya sudah sesuai dengan syarat dari WA API.

Contoh seperti bisnis bukanlah fasilitator kegiatan kriminal atau layanan ilegal. Proses verifikasi dilakukan dengan masuk ke akun Facebook Business Manager yang sudah Anda buat sebelumnya. Waktu verifikasi ini bisa saja berlangsung lama.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan