Setelah Banyak Makan Opor, Atasi Kolesterol Dengan 5 Buah Ini

JABAR EKSPRES – Idul Fitri sering menjadi momen untuk makan banyak setelah sebulan lamanya berpuasa. Menjadikan diri kita tidak terkontrol untuk asupan makanan selama hari raya lebaran. Apalagi makan banyak Santen yang membuat menjadi kolesterol.

Menu makanan yang disajikan saat Lebaran umumnya tinggi lemak. Seperti banyak santet dan gula, yang harus diwaspadai kandungannya. Seperti, kolesterol. Pasalnya. kolesterol merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita masyarakat akibat pola makan yang tidak terkontrol setelah Idul Fitri.

BACA JUGA : Rayakan Idul Fitri Tanpa Suami, Irish Bella: Merasa Sedih

Kolesterol tinggi merupakan kondisi yang tidak dapat diabaikan karena kolesterol menyebabkan atau memicu berbagai masalah kesehatan. Antara lain, Risiko penyakit jantung, stroke, sirkulasi yang buruk.

Salah satu cara menurunkannya dengan makan teratur. Salah satunya dengan rutin mengonsumsi buah. Di bawah ini adalah beberapa buah yang ampuh untuk menurunkan kolesterol tinggi yang dihimpun dari berbagai sumber.

Buah Untuk Atasi Kolestrol

  1. Alpukat

Selain nutrisi, alpukat dianggap sebagai buah yang paling efektif untuk menurunkan kolesterol. Pasalnya, buah ini mengandung lemak tak jenuh yang sangat baik untuk tubuh.

“Apa pun yang mengandung alpukat memiliki rasio lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang sangat tinggi,” kata ahli gizi Mayo Clinic Emily Schmidt, Minggu (23/4)

“Terlalu banyak lemak tak jenuh tunggal juga bisa menurunkan kolesterol baik [HDL],” lanjutnya.

Alpukat bisa dimakan begitu saja, tapi bisa juga dicampur dengan bahan lain, seperti menggunakan minyak alpukat untuk membuat salad dan sandwich.

  1. Jambu Biji

Kandungan buah jambu biji juga membantu melindungi jantung, terutama dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, kandungan potasium buah ini juga membantu menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah, sekaligus meningkatkan kolesterol baik.

BACA JUGA : Turun! Harga Samsung Galaxy Z Fold 4 Terbaru dan Spesifikasinya

  1. Apel

Buah penurun yang pertama dan paling efektif yaitu Apel. Buah ini mengandung serat larut dan sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition Dan peserta penelitian yang mengonsumsi 550 gram apel. apel setiap hari memiliki kadar yang lebih rendah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan