Arus Lalu Lintas di Kawasan Wisata Lembang Padat, H+1 Lebaran Polisi Berlakukan One Way

JABAR EKSPRES – Arus lalu lintas menuju kawasan objek wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat di h+1 Hari Raya Idul Fitri 1444 H atau Lebaran 2023 mengalami kemacetan sepanjang 2 kikometer. Petugas kepolisian melakukan rekayasa jalan one way untuk mengurai kemacetan.

Kemacetan sempat terjadi hingga mengular sepanjang dua kilometer dari mulai perbatasan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat, terutama di kawasan wisata Lembang pada h+1 Hari Raya Idul Fitri 1444 H atau Lebaran 2023. Pengendara hanya bisa memacu kendaraanya 10-20 km/jam.

Kepadatan arus wisata di pasca Lebaran ini sudah terjadi sejak pagi hingga siang. Petugas kepolisian dari Satlantas Polres Cimahi akhirnya melakukan rekayasa jalan one way di jalan raya Lembang.

BACA JUGA: Tancap Gas! Wisatawan Luar Daerah Serbu Kawasan Wisata Lembang di Momen Libur Lebaran 2023

One way dilakukan dari arah Bandung menuju kawasan wisata lembang tepatnya di depan objek wisata The Greet Asia Afrika dan Farmhouse Lembang dikarenakan volume kendaraan wisatawan dari luar bandung mengalami kenaikan signifikan.

Kasatlantas Polres Cimahi AKP Sudirianto mengatakan di H-1 libur Lebaran 2023, arus lalu lintas di kawasan Lembang alami peningkatan hingga pihaknya harus melakukan sejunlah rekayasa arus lalulintas guna mengurai kemacetan.

“Kami melakukan rekayasa yang pertama kanalisasi para penyebrang jalan dari arah Wisata The Greet Asia Afrika ke Farmhouse dengan menggunakan jembatan penyebrangan jalan,” ucap Sudirianto ditemui di Lembang, Minggu, 23 April 2023 siang.

Selain kanalisasi, pihaknya pun menerapkan rekayasa jalur dengan sistem oneway sepenggal dari arah Bandung menuju Lembang maupun sebaliknya.

“Kami juga telah melakukan rekasaya sejak pagi hingga siang ini sebanyak 10 kali. 8 kali dari arah bawah menuju Lembang kemudian dari atas ke bawah 2 kali.

Dan ini kita lakukan untuk mempercepat kemdaraan yang akan ke Lembang karena cukup meriahmya masyarakat yang akan ke Lembang Untul berwisata,” ucapnya.

Berdasarkan data pihak Dishub Bandung Barat, Sudir menjelaskan ribuan kendaraan di hari ini telah masuk ke kawasan Lembang yang didominasi kendaran dari luar daerah Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan