Diskar PB Imbau Masyarakat Lakukan Ini Saat Mudik

JABAR EKSPRES – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, mengimbau masyarakat agar senantiasa mengecek kelistrikan di rumahnya masing-masing.

Kepala Diskar PB Kota Bandung, Gun Gun Sumaryana, menuturkan hal tersebut sebagai bentuk antisipasi terjadinya kebakaran, yang kerap kali terlupakan saat pergi mudik.

Dirinya mengimbau agar masyarakat bisa fokus juga terhadap hal-hal kecil yang berpotensi menyebabkan terjadinya kebakaran.

“Kabel yang teraliri listrik agar dicabut, lalu gas dan regulatornya dilepas saja jangan dibiarkan terpasang” ujar Gun Gun Sumaryana.

Gun Gun menjelaskan, hal ini berkaitan dengan sistem pengelolaan dan pencegahan, terhadap potensi dan ancaman terjadinya kebakaran.

“Setiap bangunan memiliki ancaman kebakaran. Jika tidak dikelola dengan baik, ancaman dan potensi itu bisa membawa malapetaka” jelasnya.

Selain itu, pihaknya menghimbau pada masyarakat yang akan mudik, bisa menitipkan rumahnya ke tetangga terdekat ataupun RT/RW. Hal ini agar saat ditinggalkan, ada pengawasan dari warga sekitar.

“Kalau bisa rumah dititipkan ke tetangga, jangan lupa juga nomor handphone dikasihkan, agar mudah dihubungi” katanya.

Dalam hal persiagaan bila terjadi hal-hal darurat, Diskar PB Kota menyiapkan 90 personel, yang terdiri 50 komando pusat, dan 10 dari UPT kewilayahan.

Serta sarana dan prasana mendukung yang telah dipersiapkan dalam mengamankan hal yang tidak diinginkan saat cuti bersama dan hari raya lebaran.

Bila masyarakat yang menemukan kejadian kebakaran dan kegawatdaruratan lainnya, bisa menghubungi call center Bandung Siaga 112 atau Bandung Siaga 113, dengan nomor telepon 022 133. (Mg1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan