Rekayasa Lalu Lintas One Way Di Tol KM 70 Cikampek Utara Hingga KM 414 Kalikangkung Diperpanjang

JABAR EKSPRES – Pemberlakuan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way terjadi di KM 70 GT (Gerbang Tol) Cikampek Utara hingga KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung diperpanjang. Awalnya one way ini akan diberlakukan hingga pukul 12.00 WIB hari ini (20/4), tetapi karena ada kepadatan kendaraan membuat otoritas terkait memperpanjang one way hingga Kamis malam nanti.

Lisye Octaviana selaku Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menjelaskan bahwasanya volume kendaraan masih terus meningkat sehingga pemberlakuan one way diperpanjang berdasarkan informasi yang diterimanya dari Purwakarta. Perpanjangan one way tersebut dilakukan atas diskresi dari kepolisian.

Di waktu ini, pemberlakuan one way dilakukan mulai dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang.

BACA JUGA: 5 Rest Area Estetik Yang Patut Kamu Singgahi Saat Mudik

Pengendara yang menuju Jakarta harus mengalami pengalihan jalan ke Kota Bukit Indah untuk masuk ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek via Gerbang Tol (GT) Kalihurip 2 dikarenakan rekayasa lalu lintas one way ini.

Perpanjangan dari rekayasa lalu lintas one way ini diprediksi akan berakhir pada Kamis, 20 April 2023 pukul 24.00 WIB. Namun, hal ini bisa saja berubah sesuai dengan keadaan di lapangan nantinya andai pada periode waktu tiga jam sebelum jadwal pengakhiran itu masih ada kepadatan kendaraan yang terjadi (pengingkatan volume kendaraan) dengan signifikan dari arah Jakarta menuju arah timur.

Pihak Jasa Marga juga menghimbau para pemudik agar berhati-hati selama perjalanan, selalu memastikan perbekalan, saldo e-toll, dan BMM mencukupi saat akan memasuki area tol. Selain itu, pihaknya juga menghimbau untuk mematuhi segala peraturan yang ada dan selalu mengikuti arahan petugas di lapangan.

BACA JUGA: Cara Melihat CCTV Online Milik Pemerintah Biar Ga Kejebak Macet

Di lain sisi, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan pada Kamis (20/4) dini hari bahwa kendaraan yang melintasi Tol Jakarta-Semarang mengalami peningkatan 20 persen dibanding arus mudik tahun lalu.

“Alhamdulillah sekalipun ada lonjakan kendaraan, namun rata-rata kecepatan kendaraan dari Tol Jakarta ke Semarang juga meningkat dari tahun 2022 lalu, yaitu dari 69 km/jam menjadi 71 km/jam,” ujar Menteri Perhubungan Indonesia tersebut dilansir dari Antara Jabar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan