Pastikan Pemudik Aman, Satlantas Polresta Bogor Berikan Tanda Khusus pada Pengendara Motor yang Akan Mudik

JABAR EKSPRES – Satuan Lalulintas (Satlantas) Polresta Bogor Kota memastikan keamanan para pengendara roda dua yang hendak mudik di Simpang Baranangsiang pada Kamis, 20 April 2023 Petang.

Dari pantauan di lapangan, satu persatu pengendara yang terdeteksi sebagai pemudik diberhentikan sesaat oleh petugas.

Kemudian, petugas memeriksa para pemudik tersebut di Pos Terpadu Operasi Ketupat Lodaya 2023 dan diberikan imbauan agar berhati hati dalam perjalanan.

Selanjutnya, jajaran Satlantas Polresta Bogor Kota memberikan tanda khusus berupa bendera indikator yang dipasangkan di sepeda motor pemudik dengan tiga kategori yakni, warna merah, kuning dan hijau.

Kasatlantas Polresta Bogor Kota, Kompol Galih Apria yang memasangkan langsung bendera indikator di sepeda motor pemudik.

Galih mengatakan, pemeriksaan dilakukan untuk memastikan keamanan pemudik. Khususnya, kepada pengendara sepeda motor yang sedang melakukan aktivitas mudik ke masing-masing kota tujuan.

Galih menyebutkan, pemberian tanda bendera indikator dibagian belakang masing-masing sepeda motor itu, bertujuan untuk mengingatkan pengendara agar lebih berhati-hati.

“Bendera yang kita pasang sebagi pengingat pada pemudik untuk hati-hati. Sebab, mereka sedang dalam perjalanan cukup jauh,” katanya, kepada Jabarekspres.com, Kamis, 20 April 2023.

menurutnya, pemasangan bendera indikator tersebut dikhususkan untuk pengendara roda dua, dan dilakukan terus hingga H-1 lebaran.

”Jadi, kami hentikan sementara, terus kita sapa pengendara yang mudiknya jauh untuk lebih berhati hati. Karena kendaraan roda dua ini dibuat tidak untuk jarak jauh,” ungkapnya

Dia menjelaskan, terkait pemasangan bendera indikator itu memiliki tanda dan arti yang berbeda-beda.

Untuk bendera merah dipasangkan kepada sepeda motor pemudik yang perjalanan jarak jauh.  Bendera indikator kuning untuk jarak sedang dan bendera indikator hijau untuk jarak dekat.

”Untuk yang jauh adalah yang perjalanan antarprovinsi. Lalu jarak sedang dalam satu provinsi dan yang dekat antar kota atau kabupaten kami berikan bendera hijau,” jelasnya.

Pihaknya mengaku bakal menggencarkan kegiatan tersebut di enam pos pengamanan terpadu Satlantas Polresta Bogor dengan tenggat waktu per tiga jam sekali.

”Manfaatnya apa? untuk mengingatkan pengendara, apalagi bagi yang berpuasa konsentrasinya bisa berkurang saat berkendara,” terangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan