Obat Flu di Dapur, 5 Makanan yang Bantu Redakan Gejala Flu!!

 JABAR EKSPRES – Flu atau influenza adalah infeksi virus yang dapat menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru seseorang.

Penyakit ini dapat menimbulkan demam, sakit kepala, pilek, hidung tersumbat, dan batuk yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Selain itu, flu juga mudah menular dari satu orang ke orang lain, terutama pada 3-4 hari pertama setelah penderita terinfeksi.

Bahkan, pada beberapa kasus, penderita flu dapat menularkan penyakitnya sebelum gejala muncul.

baca artikel lainnya: Cara Mudah Mengenali Gejala Awal Kesehatan Mental yang ‘Ngaco’

Untuk mengobati flu, tidak selalu harus meminum obat. Makanan juga dapat membantu meredakan gejala flu.

Beberapa makanan yang kaya nutrisi dan dapat membantu meredakan gejala flu antara lain jahe, sup ayam, jamur kancing, madu, teh hijau, jeruk, tomat, dan strawberry.

Jahe memiliki kemampuan untuk menghangatkan tubuh dan memproduksi keringat sehingga dapat membantu mengeluarkan racun serta virus dari dalam tubuh.

Selain itu, jahe juga dapat melancarkan pencernaan, mengeluarkan dahak, dan melegakan tenggorokan.

Sup ayam juga diketahui dapat membantu meredakan gejala flu. Penelitian medis menyatakan bahwa sup ayam dapat menekan peradangan yang menyebabkan gejala pilek dan flu. Penambahan mi dan sayur pada sup ayam juga dapat meningkatkan energi dan nutrisi pada sup, yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jamur kancing merupakan makanan yang kaya akan nutrisi seperti niacin, riboflavin, folate, fosfor, zat besi, panthothenic acid, zinc, potassium, copper, magnesium, vitamin B6, selenium, dan thiamin. Serat pada jamur kancing juga tinggi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi saat flu melanda.

baca artikel lainnya: Cara Menghadapi Burnout Biar Kesehatan Mental Tetap Sehat dan Seimbang

Madu juga merupakan makanan yang dapat membantu meredakan gejala flu. Penelitian menyatakan bahwa madu dapat mengurangi batuk dengan melapisi tenggorokan dan menyembuhkan iritasi. Namun, perlu diingat bahwa anak di bawah umur 12 tahun tidak dianjurkan untuk mengonsumsi madu karena berisiko terjangkit infant botulism.

Teh hijau juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dan menjaga kesehatan tubuh.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan