Gubernur Jabar Pastikan Harga Bahan Pokok Terjangkau Jelang Lebaran 2023

JABAR EKSPRESGubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyoroti harga komoditas kebutuhan bahan pokok di masyarakat menjelang Lebaran 2023.

Gubernur Jabar juga memastikan harga bahan pokok jelang Lebaran 2023 stabil di pasar-pasar seluruh Jawa Barat.

Seperti diketahui bahwa kenaikan harga bahan pokok menjelang Lebaran 2023 dianggap wajar karena biasanya tingkat kebutuhan masyarakat meningkat.

BACA JUGA: Kabar Baik! Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum Gelar Operasi Pasar di Pasar Sehat Soreang, Stabilkan Harga Jelang Lebaran 2023

Akan tetapi, komoditi bahan pokok yang mengalami kenaikan harga tidak sampai menimbulkan kepanikan dan stok pun masih bisa terjaga.

Demikian diungkapkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil disela kunjungan ke beberapa pasar di Kota Bandung dalam upaya pengawasan dan pengendalian harga.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengunjungi pasar di Jawa Barat pastikan harga bahan pokok terjangkau jelang Lebaran 2023.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengunjungi pasar di Jawa Barat pastikan harga bahan pokok terjangkau jelang Lebaran 2023.

“Kita lakukan beberapa strategi dalam upaya pengendalian jelang lebaran ini, diantaranya Operasi Pasar di sejumlah pasar di Jawa Barat, Paket sembako bersubsidi untuk keluarga tak mampu, juga subsidi transportasi, karena biasanya harga komoditas mahalnya di logistrik.” ujar Gubernur Jabar Ridwan Kamil disela operasi pasar beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Gubernur Jabar Pastikan Tol Cisumdawu Bisa Dipakai Arus Mudik Lebaran 2023

Orang nomor satu di Jawa Barat itu mengatakan, untuk tahun ini pihaknya optimis sampai lebaran nanti masyarakat bisa menikmati harga-harga kebutuhan bahan pokok yang terjangkau.

“Sambil kita akan terus pantau, jika ada bahan pokok yang mengalami lonjakan harga juga ketersediaan sampai langka maka melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan akan lakukan antisipasi penetrasi yang sekiranya diperlukan,” ujarnya.

Sementara itu, dari Operasi Pasar Murah Bersubsidi yang terakhir pelaksanaannya digelar di Kantor Kecamatan Sumur Bandung Kota Bandung, Senin, 17 April 2023, secara keseluruhan pelaksanaannya sudah merata hingga 27 kota/kabupaten se-Jawa Barat.

Sebanyak 125.549 keluarga kurang mampu disubsidi Pemprov Jabar dengan total subsidi mencapai Rp 10 miliar.

Kepala Disperindag Provinsi Jawa Barat Hj. Noneng Komara Nengsih mengatakan, dari total harga paket sembako Rp 160 ribu, warga cukup membayar paket sembako Rp 85 ribu per paket.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan