The Courier (2020) Kurir Rahasia antara Inggris dan Uni Soviet

JABAR EKSPRES – The Courier (2020) merupakan sebuah film drama-thriller yang disutradarai oleh Dominic Cooke dan dibintangi oleh Benedict Cumberbatch, Merab Ninidze, Rachel Brosnahan, dan Jessie Buckley. Film ini didasarkan pada kisah nyata Greville Wynne, seorang salesman Inggris yang direkrut oleh pemerintah Inggris dan CIA pada awal tahun 1960-an untuk menjadi kurir rahasia antara Inggris dan agen Soviet Oleg Penkovsky.

Film ini dibuka dengan Greville Wynne (Benedict Cumberbatch) yang sedang melakukan penjualan produknya ke berbagai negara.

Baca Juga: Ayo Klaim Gratis! Buruan Game Gratis di Epic Games

Pada suatu hari, ia dihubungi oleh agen rahasia Inggris bernama Dickie Franks (Angus Wright), yang memintanya untuk pergi ke Uni Soviet dan menjadi kurir untuk membantu mendapatkan informasi rahasia tentang senjata nuklir Soviet.

Awalnya, Wynne menolak tawaran tersebut, namun setelah diintimidasi oleh Franks dan berbagai kejadian yang terjadi di sekitarnya, ia akhirnya menerima tawaran tersebut.

Setelah tiba di Moskow, Wynne bertemu dengan Oleg Penkovsky (Merab Ninidze), seorang jenderal di Soviet yang ingin memberikan informasi rahasia tentang senjata nuklir Soviet kepada pihak Barat. Wynne dan Penkovsky membentuk hubungan yang kuat dan mulai bertukar informasi melalui Wynne sebagai kurir.

Baca Juga: Prestasi Terbesar Kang Dong Won: Aktor Korea Selatan

Namun, situasi semakin rumit ketika agen rahasia Soviet mengetahui adanya informasi rahasia yang bocor dan mulai mencari tahu siapa yang menjadi sumber informasi tersebut.

Wynne dan Penkovsky terus bertukar informasi dan mengambil risiko yang semakin besar untuk melindungi informasi rahasia yang mereka miliki. Namun, semakin lama mereka bertahan, semakin besar tekanan yang mereka hadapi dari agen Soviet dan pihak Inggris dan CIA yang mulai meragukan kesetiaan Wynne.

Dalam klimaksnya, The Courier menunjukkan bagaimana Wynne dan Penkovsky ditangkap oleh agen Soviet dan diadili di pengadilan. Meskipun Penkovsky dihukum mati oleh Soviet, Wynne berhasil dijebloskan ke dalam penjara Soviet selama lima tahun sebelum akhirnya dibebaskan dan kembali ke Inggris.

Baca Juga: Film The Pope’s Exorcist: Kisah Horor Nyata, Berani Nonton Sendirian?

Tinggalkan Balasan