Arus Mudik 2023: Akibat Pasar Tumpah Rajamandala, Lalu Lintas Cianjur ke Bandung Macet Parah

JABAR EKSPRES — Laju arus lalu lintas dari arah Cianjur ke kota Bandung maupun sebaliknya mengalami kepadatan akibat aktivitas pasar tumpah Rajamandala di Kabupaten Bandung Barat, Rabu 19 April 2023.

Kemacetan terjadi sejak 08.00 WIB, kendaraan dari arah Bandung menuju Cianjur mengular sampai kawasan Sukarame, Desa Ciptaharja hingga antrean sepanjang 2 kilometer.

Sedangkan dari arah sebaliknya yaitu Cianjur menuju Bandung kemacetan kurang dari 1 kilometer. Ekor kepadatan kendaraan terpantau hingga Kampung Area Desa Mandalawangi.

Baca Juga: Arus Mudik 2023: Bantu Pengamanan, Satpol PP Jabar Siagakan Seluruh Personel

“Terjebak macet hampir 1 jam, tadi kepadatan sudah terasa selepas POM bensin Cipatat,” jelas Rudi (35),  seorang pengendara roda empat yang akan mudik ke daerah Sukabumi.

Antisipasi Kemacetan Sudah Dilakukan

Sementara, Kapolsek Cipatat, Kompol Muhtarom menilai penyebab kepadatan akibat meningkatnya pengunjung pasar Rajamandala jelang Lebaran.

Pihaknya sudah melakukan berbagai antisipasi untuk mengurai macet yaitu melakukan kanalisasi, membuat garis  batas bagi pedagang supaya tak berjualan di badan jalan, dan memberi tepat khusus untuk berhenti angkutan umum.

“Jadi sudah kita antisipasi, karena jalur ini salah satu titik rawan kepadatan. Agar pedagang tertib kami menggandeng Satpol PP, kita buat kanalisasi pagi pejalan serta mengatur penyebrangan orang dan kendaraan,” jelasnya

Kompol Muhtarom juga menyebutkan, walaupun terjadi kepadatan ekor kemacetan kendaraan akibat pasar tumpah Rajamandala masih terpantau dalam batas wajar.

Biasanya kondisi kemacetan akan mencair memasuki tengah hari saat aktivitas pasar selesai.

Menurutnya, apabila terjadi ketidakseimbangan panjang antrean di salah satu jalur, polisi akan melakukan skema satu jalur one way.

“sekarang masih ada dalam batas seimbang. Apabila nanti ada salah satu antrean panjang, baru kita one way untuk penarikan,” tuturnya

Diketahui, Jalur Bandung-Cipatat mulai terjadi peningkatan volume kendaraan sejak diberlakukannya one way di KM 72 Cikampek Tol Cipali sampai KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung.

Lonjakan Kendaraan Terjadi Dini Hari

Berdasarkan Polsek Cipatat terjadi lonjakan kendaraan terlihat, pada Rabu 19 April 2023 pukul 01:00 WIB dini hari sampai pukul 04:00 WIB.

Masih berdasarkan catatan Polsek Cipatat, lonjakan kendaraan kebanyakan terjadi dari arah Bandung ke Cianjur. Lantaran hal itu akibat muntahan kendaraan yang akan menuju Jakarta dikarenakan adanya one way di jalur tol.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan