Usul Dana Desa Dinaikkan, Cak Imin: Menaikkan 5 Kali Lipat

USUL supaya dana desa bisa dinaikkan, muncul dari Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar.

Politisi yang akrab disapa Cak Imin itu, menilai bahwa kenaikan dana desa perlu dipertimbangkan. Demi kemajuan dan kesejahteraan Indonesia.

Lantas dirinya mengusulkan, dana desa yang semula sebesar Rp1 miliar dinaikkan menjadi Rp5 miliar per desa.

“Saya dan PKB akan perjuangkan meningkatkan dana desa dari Rp 1 miliar menjadi Rp 5 miliar per Desa. Kita menaikkan 5 kali lipat,” kata Cak Imin, melansir dari Disway.id, Senin (17/4).

Berdasarkan perhitungan yang hati-hati dan secara matang. Dia menganggap bahwa besaran anggaran negara masih mampu menyokong kenaikan tersebut.

Dia menegaskan, kenaikan dana desa tersebut mutlak diperlukan. Lantaran saat ini merupakan waktu yang tepat, sejalan dengan program besar negara, yakni membangun Indonesia dari desa.

Pilar utama pembangunan desa adalah sumber daya manusia. Fokusnya, kata Cak Imin, warga desa yang sehat dan pintar. Maka, desa sehat dan desa pintar adalah dua program yang wajib dijalankan dan disukseskan.

Apalagi, menurutnya, jalan menuju pembenahan desa sudah dimulai secara serius di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Dia pun menambahkan bahwa saat ini fokusnya adalah melanjutkan semua program. Serta kebijakan yang baik juga melakukan perbaikan dan pengembangan lebih lanjut.

“Itulah yang saya istilahkan ‘Mengelola Kesinambungan dan Menggerakkan Perubahan’ dalam pembangunan desa. Inilah yang perlu kita kerjakan saat ini,” tegas Wakil Ketua DPR RI itu.

Kemudian pilar kedua adalah kesejahteraan dan kebahagian warga desa. Cak Imin berpendapat, program penyejahteraan wajib dijalankan dengan tujuan untuk meningkatkan indeks kebahagiaan desa di Indonesia.

Suatu ketika, lanjutnya, mesti ada adagium bahwa tak ada yang lebih membahagiakan dibandingkan hidup di desa. Untuk itu, desa sejahtera dan bahagia adalah dua program yang wajib berjalan.

Lalu pilar berikutnya adalah pembangunan desa berbasis kemajuan teknologi. Menurut mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi era Presiden SBY itu, pengembangan teknologi pedesaan harus jadi fokus bersama.

Di berbagai perguruan tinggi harus dibuka program studi bahkan departemen Teknologi Pedesaan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan