Punya Penyakit Jantung, Arinal Djunaidi Seharusnya Tidak Lolos jadi Gubernur Lampung

LAMPUNG – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menjadi perhatian publik setelah diduga mengancam orangtua Bima Yudho Saputro, seorang TikToker yang mengkritik Pemerintah Provinsi Lampung. Namun, ia membantah telah memaki orangtua Bima.

“Harus ada bukti, dong, nggak apa-apa serang saya. Tapi nanti Pak Sekda saja yang menjelaskannya, saya takut sakit jantung saya kumat,” kata Arinal saat ditemui awak media di Rumah Dinas Mahan Agung, dilansir detikSumut, Senin 17 April 2023.

Sementara itu, menurut penjelasan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, Pemerintah Provinsi Lampung pada dasarnya menerima kritik yang diungkapkan oleh Bima Yudho Saputro.

“Bima kan warga Lampung, ya itu kita terima sebagai masukan. Apa pun kritikan itu kan menjadi bahan evaluasi kami,” ucap Fahrizal.

Terkait kunjungan wakil Bupati Lampung Timur dan adanya berita bahwa Gubernur Lampung telah mencaci-maki ayah Bima, menurutnya tidak benar.

“Itu kan menyapa, bukan konteks macam-macam. Wajar dong kalau pejabat daerah datang ke rumah warganya. Terkait kabar Pak Gubernur mencaci maki itu tidaklah benar, itu kan Pak Wabup datang ke sana kemudian menghubungi Pak Gubernur melaporkan bahwa memang sudah berada di rumah kediaman orang tuanya, jadi nggak benar itu kalau mencaci,” terang Fahrizal.

BACA JUGA : Gaya Hedon Kadinkes Lampung Reihana Wijayanto Disorot, Tas Ratusan Juta hingga Jilbab Tinggi

Mengacu pada ketetapan KPU no.412 Tahun 2020 tentang standar kesehatan jasmani dan rohani, calon gubernur yang mempunyai riwayat penyakit jantung seharusnya tidak lolos fit and proper test. Berikut adalah isi kutipannya:

Sistem jantung dan pembuluh darah:

1) gangguan jantung/pembuluh darah dengan risiko mortalitas dan morbiditas jangka pendek yang tinggi dan tidak dapat dikoreksi,

2) gangguan kardiovaskular simtomatik yang sukar diatasi dengan farmako-terapi atau intervensi bedah atau non- bedah, dan

3) ketidakmampuan yang tidak dapat dikoreksi akibat toleransi/kemampuan fisik yang rendah.

Sebelumnya, Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi dilaporkan telah mencaci maki orang tua Bima Yudho Saputro setelah kritiknya tentang pembangunan di Lampung menjadi viral di media sosial.

Hal ini diungkapkan oleh Bima melalui video yang diposting di akun media sosialnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan