Arus Mudik 2023: Pemudik Diminta Jangan Berlama-lama di Rest Area, Cukup 20 Menit!

JABAR EKSPRES – H-4 lebaran, arus lalu lintas sudah mulai dipadati oleh kendaraan roda dua. Namun, tak banyak pula pemudik yang menggunakan rest area untuk beristirahat lama-lama.

Ketua Tim Supervisi Sops Mabes Polri, Brigjen Pol Utomo Heru Cahyono mengatakan jika masyarakat yang hendak menggunakan rest area untuk beristirahat, diimbau untuk tidak terlalu lama.

“Kalau untuk rest area kan sekarang sedang padat, diharapkan mereka tidak terlalu berlama-lama agar bergantian dengan yang lain,” ujat Utomo saat ditemui di Pos Pam Cileunyi, Selasa 18 April 2023.

10 sampai 20 Menit

Utomo menyampaikan jika penggunaan rest area ini tergantung bagaimana kebutuhan para pemudik.

“Sebenarnya fleksibel tergantung kebutuhan, cuma diharapkan ya mungkin 10-20 menit sudah bergerak lagi,” katanya.

Utomo juga mengatakan, dalam pantauan mudik tahun ini arus lalu lintas masih terbilang lancar dan terkendali.

“Hasil pantauan sejauh ini landai-landai, tertib terkendali dan arus lalu lintas lancar, termasuk kriminalitas juga kondusif,” jelasnya.

Arus Mudik Diprediksi H-3

Meski masih terbilang landai, Utomo mengatakan pihaknya tetap mempersiapkan skema dan antisipasi terjadinya kepadatan pada arus mudik. Terlebih pihaknya memprediksi jika H-3 bisa jadi puncak arus mudik.

“Prediksi kami sudah merencanakan Cara Bertindak (CB) diantaranya dengan contra flow, one way, dan menginformasikan dinamika yang ada kepada masyarakat secara live,” ungkapnya.

Pihaknya pun mengimbau agar mudik nyaman dan aman juga tak kena macet, pemudik dapat  sambil beristirahat sampai kepadatan kendaraan berkurang.

“Mungkin bisa mampir dulu ke masjid, ke restoran, sambil menunggu kepadatan yang sedang diurai,” tegasnya.

Adapun terkait penggunaan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) dalam antisipasi kepadatan arus mudik sekarang. Pihaknya pun akan melakukan peninjauan dan evaluasi agar Tol tersebut dapat digunakan dengan layak.

“Belum, kita akan meninjau jalurnya untuk menjadi evaluasi kita agar pemudik dapat update dan evaluasi itu,” tutupnya. (Agi)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan