Baru akan Diuji Beban, Tol Cisumdawu Molor dari Jadwal Pembukaan

JABAR EKSPRES  – Pembukaan Tol Cileunyi, Sumedang, dan Dawuan (Cisumdawu) sampai saat ini masih dalam tahap persiapan.

Padahal rencananya, jalan tol yang digunakan sebagai jalur alternatif menuju Cipali ini akan di fungsionalkan pada tanggal tanggal 15 April 2023.

Baca Juga: Jelang Arus Mudik 2023: Polda Jabar Cek Tol Cisumdawu, Sebut Masih dalam Tahap Persiapan

Menanggapi hal itu, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengaku baru mendapat kabar terkait belum dibukanya Tol Cisumdawu. Bahkan ia menyebut, pihaknya akan segera melakukan pengecekan di lapangan.

“Ini saya baru dapat kabar, harusnya tanggal 15 (dibuka), tapi saya akan cek dulu,” ujarnya di Pasar Kosambi Bandung, Sabtu 15 April 2023.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat (DBMPR Jabar), Bambang Triyuliono menyebut bahwa Tol Cisumdawu baru akan dilakukan proses tahapan uji beban pada Minggu, 16 April 2023.

“Jadi ternyata semalam itu dirapatkan dari APBN karena itu domainnya temen-temen dari APBN dan PUPR, ternyata baru akan diuji beban itu besok,” ujarnya

Setelah dilakukan tahapan uji beban, Bambang mengungkapkan bahwa Tol Cisumdawu akan mendapatkan nilai apakah layak di fungsionalkan atau tidak.

“Jadi yang tanggal tadinya 15 April (di Uji beban), itu diundur ke hari besok (tanggal 16). Jadi jangan sampai nanti manakala digunakan menjadi tidak ideal,” ucapnya

Dari segi aspek teknis, Bambang menuturkan bahwa Tol Cisumdawu mengalami pengunduran Jadwal. ” Ini dari aspek teknis ada kemunduran sedikit, tapi dari sisi teknis optimis semuanya (digunakan),” tuturnya

Sebelumnya, Direktorat Lalulintas Kepolisian Daerah Jawa Barat (Ditlantas Polda Jabar) menyebut bahwa Tol Cisumdawu tidak akan dibuka selama 24 jam untuk para pemudik nanti.

“Kita juga sepakat untuk jam fungsionallisasi (tol Cisumdawu) akan diberlakukan mulai dari pukul 06.00 Wib – 15.00 Wib setiap hari karena ada pertimbangan-pertimbangan seperti faktor jalan yang belum sempurna tapi secara teknis sudah biasa digunakan. Yang kedua, seperti sarana pendukung seperti penerangan jalan, rambu-rambu juga belum ada,” ucap Dirlantas Polda Jabar, Kombes Pol Wibowo di Bandung Kamis (13/4) kemarin.

Selain itu, kebijakan-kebijakan yang akan dilakukan juga, menurut Wibowo bahwa Tol Cisumdawu hanya dipergunakan satu arah atau one way dengan membuka ruas jalur A.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan