Jelang Arus Mudik 2023: Polresta Bandung dan Dishub Lakukan Ramp Check

JABAR EKSPRES –  Jelang operasi ketupat lodaya yang akan digelar tiga hari lagi, Polresta Bandung dan Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung melaksanakan Ramp Check di salah satu PO Bus di Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Ramp Check ini dilakukan untuk melihat bagaimana kesiapan armada khususnya Bus yang pastinya akan digunakan dalam kesiapan arus mudik 2023.

Baca Juga: Bus Pariwisata Lebih Riskan Dipakai untuk Mudik, Dishub Jabar Beberkan Alasannya

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan dalam Ramp Check ini sebanyak 12 kendaraan mulai diperiksa baik dari surat-surat ataupun kelayakan jalan.

“Ramp Check ini kita lakukan pemeriksaan surat-surat dan juga kelayakan kendaraan, baik itu rem, mesin, weaper dan sebagainya dan ketiga alat pendukung seperti pemecah kaca,” ujar Kusworo saat ditemui beberapa waktu lalu.

Dalam pengecekannya Kusworo pun melihat jika hanya ada beberapa kondisi bus yang kurang baik, namun secara keseluruhan semua kendaraan sudah layak jalan.

“Dari hasil pemeriksaan, alhamdulilah kondisi mobil dalam keadaan baik, hanya ada beberapa bis kita melihat bahwa weapernya agak kering karetnya,” tuturnya.

Meski begitu kata Kusworo pihaknya pun tetap meminta agar semua armada segera diperbaiki, terlebih saat ini cuaca sedang di musim penghujan.

“Jangan sampai pada saat hujan weapernya tidak maksimal membersihkan kaca dan itu mengganggu jarak pandang pengemudi dan itu membahayakan daripada penumpang,” tegasnya

Selain kendaraan, pihaknya pun meminta agar sopir juga harus menjaga kondisi tubuhnya agar tetap prima.

“Jangan sampai kendaraannya sudah layak operasi namun pengemudinya di bawah pengaruh narkoba yang itu bisa membahayakan penumpang,” ujarnya

Pihaknya pun menghimbau agar semua pemilik kendaraan baik itu bus ataupun kendaraan lainnya agar tetap menjaga kesehatan.

“Kita juga menghimbau kepada para sopir maupun pemilik bus untuk selalu mempersiapkan diri khususnya dalam segi stamina dan kesehatan,” pungkasnya. (Agi)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan