9 Orang Terjaring OTT KPK Termasuk Walikota Bandung Yana Mulyana, Firli Bahuri Singgung Soal Dugaan Suap

JABAR EKSPRES – 9 orang dikabarkan turut terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) termasuk Walikota Bandung, Yana Mulyana pada Jumat, 14 April 2023 kemarin di Bandung, Jawa Barat.

Terkait OTT KPK termasuk Walikota Bandung Yana Mulyana dari 9 orang lainnya yang tertangkap dikonfirmasi oleh Ketua KPK Firli Bahuri.

Menurut keterangan Ketua KPK Firli Bahuri, pihaknya sudah menangkap 9 orang dalam OTT KPK termasuk Walikota Bandung.

BACA JUGA: Fantastis! Kekayaan Yana Mulyana Capai Rp8,5 Miliar, Inilah Deretan Aset Walikota Bandung yang Terjaring OTT KPK

“Sembilan orang sudah ditangkap termasuk Wali Kota,” kata Ketua KPK Firli Bahuri, pada Sabtu, 15 April 2023.

Lebih lanjut, Firli Bahuri mengatakan bahwa OTT yang menjerat 9 orang termasuk Walikota Bandung Yana Mulyana tersebut diduga suap dari pengadaan barang dan jasa di Pemerintah Kota Bandung.

Kemudian ia pun membeberkan dugaan itu, yakni terkait penerimaan suap ini terkait pengadaan CCTV dan jaringan internet pada program Smart City Kota Bandung.

BACA JUGA: Walikota Bandung Terjaring OTT KPK, Yana Mulyana Diduga Terima Suap Pengadaan Barang dan Jasa

“Menerima hadiah atau janji yang dilakukan penyelenggara negara dalam pengadaan barang jasa berupa CCTV dan jaringan Internet pada program Smart City Kota Bandung,” kata Firli Bahuri.

Sementara itu, sebagai Ketua KPK ia menyatakan bahwa pihaknya selalu mengingatkan kepada para Kepala daerah untuk menghindari praktik-praktik korupsi.

Ia pun menegaskan tidak akan menindaklanjuti siapapun yang melakukan praktek kotor tersebut.

“Saya pernah ngomong di rakor pencegahan korupsi beberapa bulan yang lalu, hari ini kami buktikan. KPK masih ada,” kaatnya, menegaskan.

Sebelumnya, Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri membenarkan pihaknya menggelar OTT di wilayah Kota Bandung, Jawa Barat pada Jumat, 14 April 2023 malam hari.

Dari OTT itu, lanjutnya, KPK berhasil mengamankan 9 ornag termasuk Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

Berdasarkan keterangan Ali Fikri, KPK mempunyai waktu 1×24 jam untuk menentukan status hukum pihak-pihak yang diamankan dalam OTT tersebut.

Ia mengatakan bahwa pihaknya akan kembali memberikan informasi jika ada perkembangan terkait OTT KPK yang meneyret 9 ornag termasuk Walikota Bandung, Yana Mulyana.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan