Tokopedia dan Ahli Gastroentero Hepatologi Bagikan Tips Hindari Asam Lambung Naik Saat Puasa

JABAREKSPRES.COM – Bagi pengidap asam lambung berat, berpuasa selama hampir 14 jam menjadi sebuah tantangan. Sebab, perut kosong bisa menjadi salah satu pemicu risiko kambuhnya asam lambung. Namun, kepada Tokopedia, ahli Gastroentero Hepatologi, dr.Syifa Mustika, Sp.PD-KGEH, FINASIM mengatakan bahwa anggapan puasa sebabkan asam lambung naik adalah salah kaprah.

“Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal penyakit dalam, Acta Medica Indonesiana, membuktikan bahwa keluhan GERD saat menjalani puasa Ramadan lebih ringan dibanding ketika tidak menjalani puasa Ramadan. Karena, puasa mendorong pola makan kita lebih teratur,” ucap dr. Syifa.

“Dengan berpuasa artinya kita melakukan detoksifikasi. Karena kita memberi signal kepada saluran cerna untuk beristirahat dari aktivitas mencerna makanan. Sehingga gerak organ pencernaan lebih senggang mengikuti ritme bulan puasa,” tambah dr. Syifa.

Tips Cegah Asam Lambung Naik Saat Puasa

Agar puasa dapat dikategorikan sebagai detoksifikasi, pengidap asam lambung dapat mengikuti tips yang telah dijelaskan oleh Dr.dr.Syifa Mustika, Sp.PD-KGEH kepada Tokopedia berikut ini.

1. Pastikan sahur
Untuk menghindari asam lambung naik, pastikan sahur.

Menurut dr. Syifa, sahur sangatlah penting agar lemak mulai disimpan sebagai cadangan tubuh. Namun pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat, agar memberi nutrisi pada tubuh. “Jika sahur mendekati waktu imsak, konsumsi makanan berserat seperti roti gandum, telur, dan susu oats bisa jadi solusi bagi pengidap asam lambung,” tambah dr. Syifa.

Saat ini masyarakat dapat dengan mudah menemukan berbagai pilihan makanan sehat dan bernutrisi untuk dikonsumsi saat Ramadan di aplikasi Tokopedia. Data internal Tokopedia mencatat Kacang, Makanan Ready to Eat (Siap Makan), Biskuit & Wafer, Keripik, dan Camilan Beku merupakan subkategori Makanan yang populer pada awal Ramadan 2023.

2. Konsumsi makanan berserat
Pengidap asam lambung disarankan mengonsumsi makanan berserat saat sahur. “Manfaat serat tak hanya untuk melancarkan BAB, tetapi juga dapat membuat pengidap GERD kenyang lebih lama. Selain itu, untuk mengatasi kondisi dispepsia alias kembung, sebaiknya atur frekuensi makan dan menambah suplemen,” jelas dr. Syifa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan