Pemprov Jabar Siapkan 12 Ribu Lebih Tiket Mudik Gratis

JABAR EKSPRES – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) meyiapkan sebanyak 12.455 tiket bus dan kereta api mudik gratis 2023 bagi masyarakat.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) lalulintas Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar, Agus Pribadi kepada wartawan Jumat (14/4).

”Dari 12.455 tiket mudik gratis itu, 6.501 tiket bus dan 5.954 untuk kreta api,” sebutnya.

Menurut Agus, saat ini ada lima bus tambahan hasil kerja sama dengan PT Jasa Raharja. ”Kita inventarisir ada sekitar 3.500 orang dari berbagai instansi perusahaan (melaksanakan mudik gratis 2023),” ujarnya.

Agus mengungkapkan, beberapa rute yang disediakan dalam mudik gratis tahun ini adalah Bandung – Yogyakarta untuk bus, dan Bandung – Malang untuk kreta api.

Sementara titik pemberangkatan bisa dari Bandung – Merak, Bandung – Purwokerto, Bandung – solo, Bandung – Sukabumi dan Bandung – Yogyakarta.

”Jadi pemberangkatan dari Bandung ada sembilan rute. Kemudian dari Bekasi ada empat rute menuju Bandung, Purwokerto, Wonosobo, Yogyakarta. Dari terminal Cikarang ada lima rute menuju Garut, Singaparna, Tasikmalaya, Wonosobo, Purwokerto,” ungkapnya.

Sementara untuk rute kreta api, lanjutnya, ada yang dari Bandung – Malang, Bandung – Semarang, Bandung – solo, Bandung – Surabaya, Bandung – Purwakarta dan Garut.

”Jadi khusus Purwakarta Garut ini pulang pergi. Kemudian Jakarta – Bandung, dan Jakarta – Cirebon,” ucapnya.

Dia menjelaskan, pemberangkatan program mudik gratis tersebut dilaksanakan pada 15-19 April 2023 nanti. Dimana untuk 16 April, pemberangkatan akan dilaksanakan dari Terminal Cicaheum Kota Bandung.

”Menurut informasi, saat ini baru 50 persen (peserta mudik gratis). Tapi mudah-mudahan,bagi masyarakat yang mau mengikuti program ini, sebaiknya segera mendaftarkan diri,” pungkasnya. (san)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan