LS Vinus Adakan Survei Lima Kandidat Calon Bupati Bogor, Warga Pilih Siapa?

JABAR EKSPRES – Lembaga Survei (LS) Visi Nusantara (Vinus) melakukan analisa melalui survei terhadap elektabilitas calon Bupati Bogor untuk tahun Pilbup tahun 2024 mendatang.

Nama-nama calon Bupati Bogor tersebut yakni Ade Ruhandi dengan persentase 16,75 persen, Iwan Setiawan 13,75 persen, Rudy Susmanto 5,88 persen, Elly Yasin 5,75 persen, dan Bayu Syah Johan 4 persen.

Pendiri LS Vinus, Yusfitriadi menjelaskan, dari hasil survei yang dilakukan terhadap 800 responden, mengerucut pada lima nama besar berpotensi menjadi calon Bupati Bogor.

BACA JUGA: Bupati Bogor Bakal Buat Perbup Perlintasan Jembatan Cikereteg Bagi Kendaaraan Besar

Dari survei yang dilakukan sebelumnya, nama Ade Ruhandi alis Jaro Ade masih menjadi kandidat terkuat di bumi tegar beriman.

Jaro Ade sendiri menjadi lawan terkuat Bupati nonaktif Ade Yasin dalam pilbup 2018 silam.

“Kami dulu pernah rilis suara kesatu dan kedua itu Ade Yasin dan Jaro Ade, nah sekarang Ade Yasin udah engga ada berarti logika sederhananya adalah Jaro Ade naik, dia nomor satu,” kata Yusfitriadi kepada media, Jumat, 14 April 2023.

BACA JUGA: 468 ASN Dilantik, Plt Bupati Bogor Minta Bangun Birokrasi yang Kuat!

Namun, sambung Yus, dari hasil survei ini banyak responden yang belum menentukan pilihannya terhadap calon pilihannya atau menjadi massa mengambang pada survei ini.

“Dari data survei, ada 10,38 persen yang memilih pilihan lainnya, kemudian 24 persen belum menentukan pilihan,” katanya, menambahkan.

Faktor ketokohan juga sangat penting dalam mendongkrak elektabilitas calon kepala daerah.

“Saya pikir ini perlu dibaca oleh kawan-kawan yang akan berkontestasi akan kemana arah mereka (suara mengambang),” lanjutnya.

Sebab, kata dia, suara partai tidak ada korelasi dengan individuhya, bahkan hampir di semua pilkada.

“Karena suara pilkada adalah figur, kedua koalisi, ketiga adalah kontestasi nasional, pilkada kan masih panjang,” pungkasnya.(SFR).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan