H-8 Jelang Arus Mudik 2023, Polresta Bandung Cek Kesiapan Jalur Selatan

JABAR EKSPRES – Jelang H-8 jelang arus mudik 2023, Jajaran Polresta Bandung mulai melakukan pengecekan kesiapan jalur di jalur selatan.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan mengatakan jika sampai saat ini kepadatan lalu lintas belum terlihat.

“Kita tadi sudah pantau mulai dari Cileunyi sampai Cikaledong Nagreg arah Garut kita lihat sarana dan prasarana jalan dalam kondisi yang baik dan siap dilalui,” ujar Kusworo saat ditemui beberapa waktu lalu.

Kusworo menambahkan jika sampai saat ini belum melihat adanya kepadatan lalu lintas. Pihaknya pun juga mulai menertibkan para pedagang kaki lima agar tidak ada yang memasuki badan jalan.

Kusworo memprediksi jika puncak arus mudik tahun ini akan ada di pintu Tol Cileunyi dan di Cikaledong. Namun pihaknya sudah mempunyai alternatif jika nantinya ada kepadatan kendaraan di dua area tersebut.

“Seandainya nanti di limbangan terjadi situasi yang padat dan ekor kemacetannya sampai di cikaledong maka cara bertindak yang akan kami lakukan adalah kendaraan dari bandung terpaksa kami belokkan ke arah leles untuk mencapai garut sehingga tidak melewati limbangan. Nanti ujungnya akan sampai di pertigaan setelah limbangan,” katanya.

Adapun terkait truk sumbu tiga yang nantinya bisa menjadi salah satu penyebab kemacetan, pihaknya kata Kusworo sudah menentukan kapan kendaraan tersebut bisa lewat dan tidak.

“Kalau truk sumbu tiga itu sudah ada tanggalannya kapan boleh dan tidak. Seandainya ada kami dapati maka kami akan parkirkan di cicalengka lama. Di situ kami parkirkan sampai kendaraan terurai dan tidak menyebabkan kemacetan baru saat itu kami ijinkan melintas kembali,” jelasnya.

Selain itu Kusworo menyebut jika saat ini beberapa hari terakhir curah hujan cukup tinggi, pihaknya menghimbau agar semua kendaraan harus dijaga sebaik mungkin.

“Terutama curah hujan tinggi ini wipper jangan sampau haus jangan sampai kering sehingga wipper ini bisa membuat terang pandangan pengemudi,” kata Kusworo.

“Kedua ban juga jangan sampai selip karena jalanan licin, terutama pada turunan, di tiap turunan juga sudah kami sampaikan imbauan untuk mengurangi laju kendaraan supaya jangan sampai terjun ke bawah,” pungkasnya. (Agi).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan