Tips Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa di Bulan Ramadan!

JABAR EKSPRES – Meskipun puasa memiliki manfaat kesehatan yang banyak, namun ada beberapa masalah kesehatan yang dapat timbul selama puasa, salah satunya adalah bau mulut yang dapat terjadi karena puasa yang panjang dan tidak adanya asupan makanan dan minuman yang cukup.

Bau mulut merupakan masalah yang umum terjadi selama puasa, terutama pada saat sahur atau ketika menjelang waktu berbuka. Namun, dengan beberapa tips dan perubahan kecil dalam kebiasaan harian, dapat mencegah selama puasa. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mencegah bau mulut saat berpuasa di bulan Ramadan:

Baca Juga: Keburu Imsak? Berikut Menu Sahur Cepat dengan Olahan Telur!

  • Menjaga Kebersihan Mulut

Pertama kebersihan mulut sangat penting untuk mencegah. Gigi dan lidah harus dibersihkan secara teratur setelah sahur dan berbuka puasa. Pastikan untuk menyikat gigi selama 2-3 menit dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Selain itu, gunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi dan lidah untuk menghilangkan bakteri dan kotoran yang menempel.

  • Konsumsi Air Secukupnya

Kedua penting untuk mengonsumsi air yang cukup selama puasa untuk mencegah dehidrasi dan menghilangkan racun dalam tubuh. Dengan mengonsumsi air yang cukup, maka saluran air liur akan terus mengalir dan mempertahankan kelembaban di dalam mulut sehingga mencegah terjadinya bau mulut. Usahakan untuk mengonsumsi air minimal 8 gelas setiap harinya.

Baca Juga: Negara dengan Bulan Puasa Terpendek di Dunia Saat Ramadan

  • Konsumsi Makanan yang Tepat

Kemudian makanan yang kita konsumsi selama berpuasa juga berpengaruh terhadap bau mulut. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seperti sayuran, buah-buahan, dan makanan yang mengandung serat akan membantu mempertahankan kesehatan gigi dan mengurangi risiko bau mulut. Hindari makanan pedas, makanan berlemak, dan makanan yang mengandung bawang karena dapat memperburuk bau mulut.

  • Kurangi Konsumsi Kopi dan Teh

Selanjutnya kopi dan teh dapat membuat mulut menjadi kering, yang dapat memicu terjadinya bau mulut. Usahakan untuk mengurangi konsumsi kopi dan teh saat berpuasa, atau jika Anda memang tidak bisa menahan keinginan untuk mengonsumsinya, pastikan untuk mengonsumsi air setelahnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan