Upgrade Ukuran Ban Vario 160: Sebaiknya Ukuran Berapa Ya?

JABAR EKSPRES – Sebagai rider atau pengemudi motor roda dua mungkin beberapa dari kalian mementingan grip dari sebuah ban sepeda motor seperti Vario 160. Dengan mengupgrade ukuran dan juga jenis tipe ban akan menambah grip ban kalian agar makin lengket pada permukaan aspal.

Kemudian beberapa rider akan mengupgrade ukuran ban mereka agar saat bermanuver ketika kalian berbelok akan semakin luas yang akan menempel antara ban dan permukaan aspal. Dengan begitu kalianpun akan lebih safety lagi saat mengendarai sepeda motor. Nah ukuran berapa sih yang sebaiknya kalian pasang pada motor Vario 160 tersebut?

Baca Juga: Bingung Beli Oli Motor? Nih Tips Membeli Oli Motor yang Tepat

Pertama sebelum kita akan mengganti ukuran ban kalian mengharuskan mengecek terlebih dahulu ukuran velg dan juga ukuran ban yang diberikan dari pabrikasi Honda Ahass. Jika kita melihat dari pabrikasi bawaan dari Honda Ahass motor Vario 160.

Menggunakan velg yang mempunyai ukuran 2,15 inci dengan ring 14 pada bagian depan. Sementara bagian belakang menggunakan ukuran 3.5 inci dengan ring 14.

Kemudian ukuran ban yang terpasang secara pabrikasi, pada bagian depan menggunakan ukuran ban 100/80 R-14, Kemudian untuk belakang ukuran 120/70 R-14.

Baca Juga: Perbedaan Nmax dan PCX dalam Segi Desain dan Performa

Pastinya Sebagian dari kalian ingin mengupgrade ukuran agar grip semakin mantep dan juga terlihat kekar. Nah untuk ukuran kalian dapat menaikan dengan maksimal naik 2 tingkatan.

Contohnya seperti ban ukuran depan yang menggunakan ukuran 100 nah kalian dapat mengupgrade ke ukuran maksimal 120. Begitu pula pada bagian belakangpun sama menaikan 2 tingkatan.

Pada bagian belakang ban Vario menggunakan 120 kalian dapat mengupgrade ke ukuran 140. Perlu catatan, namun tidak semua merk ban yang ukuran 140 belakang dan 120 depan akan cocok pada Vario 160.

Baca Juga: Siap Mudik Lebaran 2023? Segera Periksa Pelumas Mesin Kendaraan Pribadi, Ini Pentingnya Lakukan Penggantian Oli

Karena setiap merk mumpunyai motif ban yang berbeda tentunya, melansir dari berbagai sumber. Merk yang cocok pada ukuran 120 depan dan 140 belakang yaitu merk FDR XR Evo dan juga Pirelli Angel Scooter. Kalau memang secara feeling tidak muat maka kalian dapat menaikan 1 tingkatan dari bawaan pabrikasi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan