Bingung Beli Oli Motor? Nih Tips Membeli Oli Motor yang Tepat

JABAR EKSPRES – Membeli oli motor yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan mesin motor kalian dan memperpanjang umur pakai mesin tersebut. Saat membeli oli motor, ada beberapa tips atau hal yang harus diperhatikan, antara lain:

  • Jenis Oli

Ada dua jenis oli motor yang paling umum, yaitu oli mineral dan oli sintetik. Oli mineral terbuat dari bahan dasar petroleum mentah, sedangkan oli sintetik dibuat dari bahan kimia.

BACA JUGA: Perbedaan Nmax dan PCX dalam Segi Desain dan Performa

Oli sintetik lebih mahal daripada oli mineral, tetapi umumnya memiliki kinerja yang lebih baik dan tahan lebih lama. Oleh karena itu, kalian perlu memilih jenis oli yang sesuai dengan kebutuhan mesin motor kalian.

  • Viskositas

Viskositas oli mengacu pada kekentalan atau ketebalan oli pada suhu operasi normal mesin. Oli dengan viskositas yang terlalu rendah dapat menyebabkan gesekan berlebihan pada mesin.

Sementara oli dengan viskositas yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada pompa oli dan menyulitkan sistem pelumasan mesin. Pastikan kalian memilih oli dengan viskositas yang direkomendasikan oleh produsen mesin motor kalian.

BACA JUGA: Apa!? Main Game Doang Dapat Saldo DANA Gratis!

  • Kualitas

Kualitas oli motor juga sangat penting. Pastikan kalian membeli oli motor dari produsen yang terpercaya dan mengikuti standar kualitas internasional, seperti SAE atau API.

  • Suhu lingkungan

Salah satu faktor yang perlu pertimbangkan saat memilih oli motor. Jika kalian tinggal di daerah yang suhunya tinggi, kalian mungkin memerlukan oli dengan viskositas yang lebih tinggi untuk mencegah mesin terlalu panas.

Sebaliknya, jika suhu lingkungan rendah, kalian mungkin memerlukan oli dengan viskositas yang lebih rendah untuk mencegah oli membeku.

  • Frekuensi perubahan oli

Pastikan kalian memeriksa manual pemilik motor kaliam untuk mengetahui seberapa sering kaliam perlu mengganti oli motor. Frekuensi penggantian oli tergantung pada berbagai faktor, seperti jenis mesin, kondisi lingkungan, dan cara mengemudi. Mengganti oli secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan mesin motor kalian.

BACA JUGA: Recap Live Stream Special Program Genshin Impact 3.6!

Tinggalkan Balasan