Siap Mudik Lebaran 2023? Segera Periksa Pelumas Mesin Kendaraan Pribadi, Ini Pentingnya Lakukan Penggantian Oli

JABAR EKSPRES – VP of B2C PT Pana Oil Indonesia, Pudjijarto mengingatkan para calon pemudik untuk melakukan persiapan mudik Lebaran 2023 terutama bagi mereka yang hendak mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Salah satu persiapan mudik Lebaran 2023 yang dapat dilakukan jika hendak menggunakan kendaraan pribadi adalah dengan melakukan pengecekan pelumas mesin.

Pengecekan pelumas mesin dinilai sanagt krusial jika hendak mudik Lebaran 2023 menggunakan kendaraan pribadi.

BACA JUGA: 64 Lokasi Penukaran Uang Baru di Bandung Jelang Lebaran 2023, Catat Jadwalnya!

Pasalnya, dengan melakukan pengencekan mesin akan membantu pemilik kendaraan tersebut untuk melakukan penggantian oli mesin.

Hal ini perlu dilakukan sebagai persiapan mudik Lebaran 2023, agar selama perjalanan dapat berjalan dengan lancar.

Lebih lanjut VP of B2C PT Pana Oil Indonesia, Pudjijarto menjelaskan bahwa tujuan ganti oli sebelum perjalanan dapat menjaga performa mesin agar tetap dalam kondisi terbaiknya.

BACA JUGA: Kabar Baik! Tarif Tol Jakarta – Cikampek Diskon 20 Persen Jelang Arus Mudik Lebaran 2023, Simak Rinciannya

Sementara untuk penggantian oli sebaiknya tetap mengacu pada jarak tempuh yang direkomendasikan pabrikan kendaraan.

Ia juga menjelaskan pentingnya ganti oleh termasuk dalam persiapan mudik Lebaran 2023.

“Mengapa oli termasuk hal yang perlu diperhatikan? Oli itu memiliki tingkat viskositas atau kekentalan yang spesifik, oleh karena jika sudah digunakan dengan jarak dan waktu yang lama, viskositas akan berkurang dan akan mempengaruhi kinerjanya,” kata Pudjijarto dalam keterangan resminya, dikutip JabarEkspres.com dari Antara pada Kamis, 6 April 2023.

BACA JUGA: Catat! Inilah Syarat dan Cara Tukar Uang Baru di Bank Jelang Lebaran 2023

Kemudian ia juga megingatkan bahwa perawatan ganti oli juga perlu diperhatikan oleh kendaraan yang jarang digunakan dalam kegiatan sehari-hari karena bisa berpotensi oli menjadi menggumpal atau mengental.

Untuk mengetahui kondisi oli dari kendaraan bisa dilakukan dengan mengecek hal tersebut, yaitu periksa secara visual lewat dipstick yang ada di setiap mesin mobil.

Saat mencermati penampilan visual dipstick dan menunjukkan oli sudah kental sekali dan berwarna gelap maka itu jadi pertanda untuk segera dilakukan penggantian oli.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan