Jelang Arus Mudik 2023, Jasa Marga Sebut KM 149 Gedebage Masih Dalam Tahap Persiapan

JABAR EKSPRES – PT Jasa Marga menyebut pembukaan Gerbang Tol Kilometer (km) 149 Gedebage Kota Bandung sebagai jalur alternatif saat arus mudik nanti masih dilakukan beberapa persiapan.

Senior General Manager Jasa Marga Metropolitan Toll Road Regional Division Widiyatmiko Nursejati menjelaskan, rencananya akan ada tiga gardu exit yang akan difungsikan.

Meski demikian, Nutsejati mengatakan untuk rencana tersebut pihaknya masih menunggu proses izin pengoperasian dari Dirjen Bina Marga.

“Tapi prediksi kami, itu akan ada update lanjut sekitar tanggal 17 – 18 April 2023 termasuk juga jadwal pengoperasiannya tapi ini tidak akan dilakukan selama 24 jam hanya dari jam 06.00 Wib – 17.00 Wib untuk membantu ke arah wisata seperti Al Jabbar (Masjid Raya),” ujarnya di Bandung, Selasa 11 April 2023.

Nursejati menjelaskan, ada beberapa proses yang harus disempurnakan di KM 149 mulai dari permukaan jalan hingga Gardu di area Gerbang Tol.

“Ini lagi kita sempurnakan bersama Bina Marga pengawasannya, dan penyempurnaannya itu ada permukaan jalan karena sudah lama tidak dipergunakan, lalu laveling jalannya pada turunan, kemudian di gardu-gardu area GT juga itu perlu ada penambahan instalasi,” ungkapnya

Sementara berdasarkan prediksi Jasa Marga, Mudik Lebaran tahun 2023 ini akan ada sekira 1,1 juta kendaraan yang akan melintas melalui Gerbang Tol Kalo Hurip.

“Untuk Gerbang Tol Kalihurip utama, itu akan ada 1,1 juta (kendaraan) yang akan melintas. jadi itu dua arah sekitar 500 – 600 ribu di satu arahnya dari H-7 sampai  H+7. Tapi kalau rata-rata per hari, itu akan ada sekitar 40 ribuaan. Tapi untuk di Pasteur sendiri, itu H+1 – H+2 akan padat oleh wisatawan,” tuturnya

Sebelumnya, Kilometer (km) 149 Exit Tol Gedebage, Kota Bandung disebut Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat (DBMPR Jabar) akan segera dibuka dan dilakukan tahap ujicoba pada sekitar tanggal 14 April 2023 nanti.

Kepala DBMPR Jabar, Bambang Tirtoyuliono atau yang kerap disapa Abenk menyebutkan, bahwa saat ini km 149 Exit Tol Gedebage sudah dalam tahap persiapan uji coba.

“Saya sangat optimis di fungsional. Jadi mendekati 80 persenan lah menuju pembukaan,” ujarnya saat dikonfirmasi pada 19 Maret 2023.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan