Jamin Kepokmas Aman, Pemkot Bogor Gulirkan Program OPM

Jabar Ekspres – Untuk memastikan kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) menengah ke bawah bisa terpenuhi, selama Ramadan hingga Idul Fitri, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor kembali menggelar Operasi Pasar Murah (OPM) di Kantor Kecamatan Tanah Sareal, Selasa, 11 April 2023.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, dengan hadirnya OPM diharapkan dapat membantu masyarakat yang kondisi ekonominya terjepit.

Orang nomor satu di Kota Bogor ini menimbang, hal pertama yang harus diperhatikan di saat seperti ini untuk masyarakat adalah kesehatan dan kedua barang murah.

Dengan begitu, Bima Arya menitipkan agar masyarakat bisa hidup sehat dan mengharapkan barang kebutuhan pokok  yang murah tersedia di tengah masyarakat.

“Mudah-mudahan sampai Idul Fitri tahun 2023, semua masyarakat diberikan kesehatan. Saya titip kepada camat dan lurah harus dicek dan dikontrol, wajib dibantu masyarakat,” katanya saat dijumpai di lokasi.

Wali Kota Bogor dua periode itu mengaku, Pemkot Bogor terbilang sering menggelar OPM di sejumlah titik, baik itu menyalurkan bantuan dari kementerian maupun pemerintah provinsi.

Hal itu, sambung dia, tentunya untuk mengendalikan inflasi dan meningkatkan daya beli masyarakat.

“Setiap tahun selalu seperti itu, selalu ada yang dianggarkan untuk supply bahan pokok yang terjangkau kepada warga.

Nah ini yang disebut dengan operasi pasar, ada yang langsung ke rumah, ada yang melalui pasar murah lain-lain,” jelasnya.

“Pantauan di pasar semua terkendali, kalau ada potensi naik tapi tidak tinggi. Kopi penyebab inflasi, tapi secara umum masih terkendali semua. Paket yang tersedia, ada beras 5 kilogram (kg), gula 2 kg, terigu 2 kg dan minyak 2 liter. Ini kami salurkan bantuan dari Provinsi Jawa Barat dan PT Agro Jabar, terimakasih sudah membantu. Mudah-mudahan berkah dan jadi pahala,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (Dinkukmdagin) Kota Bogor, Atep Budiman menambahkan, kegiatan OPM digelar dalam rangka membantu daya beli masyarakat yang kurang mampu dengan harapan kebutuhan masyarakat saat Ramadan dan Idul Fitri tahun 2023 ini dapat terpenuhi.

“Jumlah distribusi di Kota Bogor yang merupakan bantuan dari pusat serta Provinsi Jawa Barat ada 6.000 paket terbagi di enam kecamatan. Di Kecamatan Tanah Sareal ini ada 961 Kepala Keluarga (KK) yang memperoleh nilai manfaat dengan nilai paket Rp 153 ribu. Subsidi dari pemerintah Rp 79 ribu. Jadi harganya murah dan terjangkau,” tandasnya. (yud)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan