Tata Cara Wudhu Beserta Mamfa’atnya Secara Pandangan Medis

JABAR EKSPRES – Menurut bahasa wudhu artinya bersih. Sedagkan menurut istilah, wudhu adalah menghilangkan hadas kecil yang ada pada anggota badan. Adapun tata cara wudhu yang baik dan benar adalah sebagai berikut :

  1. Mengikhlaskan niat karena Allah
  2. Membaca Bismillahirrahmanirrahim.
  3. Membasuh kedua telapak tangan sebanyak tiga kali..
  4. Mengisap air dari telapak tangan sebelah kanan, berkumur-kumur, dan menyemburkannya tiga kali.
  5. Membasuh muka tiga kali, mengusap kedua sudut mata, dan melebihkan dalam membasuhnya.
  6. Menyela-nyela jenggot (kalau ada).
  7. Membasuh kedua tangan sampai siku tiga kali de- ngan mendahulukan tangan kanan, menggosok- gosok dan menyela-nyela jari tangan, serta melebih- kan dalam membasuhnya.
  8. Mengusap kepala satu kali dengan kedua telapak tangan dari ujung kepala hingga tengkuk dan me- ngembalikannya pada posisi semula. Lalu mengusap kedua telinga bagian dalam dengan telunjuk dan telinga bagian luar dengan ibu jari.
  9. Membasuh kedua kaki sebanyak tiga kali dengan mendahulukan kaki kanan, menggosok-gosok dan menyela-nyela jari kaki, serta melebihkan dalam membasuhnya.
  10. Membaca doa sesudah wudhu, Asyhadu an lâ ilâha illallah wahdahů lâ syarîka lahu wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasûluh.

Adapun hal-hal yang membatalkan wudhu antra lain adalah :

  1.  Keluar sesuatu dari dua jalan, yakni depan dan belakang. Contohnya seperti kentut, buang air kecil, dan buang air besar.
  2. Melakukan hubungan seksual
  3. Menyentuh Kemaluan
  4. Tidur nyenyak dengan berbaring

Selain secara ritual dan spritual, wudhu juga memiliki nilai-nilai atau mamfaat yang berhubungan dengan kesehatan medis dan psikologis.

Apakah kamu tau ? bahwa penyakit banyak di sebabkan oleh kekacauan biolistik yang menggangu aktivitas organ tubuh manusia ? dan wudhu bisa mencegah segala penyakit yang ada.

Simak tulisan ini sampai selesai, jika kamu ingin mengetahu tentang penjelasan mamfaat wudhu yang luar biasa.

Menurut hasil pengamatan, bahwa wudhu yang benar bukanlah wudhu yang hanya sekedar di basuh air, tetapi wudhu yang di sentuh dan di pijat setiap ujung sarafnya.

Hal tersebut memilki mamfaat untuk membuang kelebihan listrik negatif yang ada pada organ tubuh. Jika ujung saraf itu tersalut oleh pengapuran, niscaya akan menyebabkan endpan listrik yang makin lama makin tinggi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan