Tata Cara Wudhu Beserta Mamfa’atnya Secara Pandangan Medis

Secara umum, mamfaat berwudhu adalah agar setiap muslim bersih. Membasuh bagian-bagian tubuh yang bersentuhan dengan udara bebas. Hal tersebut memilki maksud agar permukaan kulit terpelihara dari debu.

Mamfa’atnya adalah untuk mencegah peradangan pada kulit yang disebabkan oleh penumpukan debu yang bercampur dengan keringat dan kelenjar-kelenjar kulit.

Salah satu pakar kesehatan Muslim, Dr. ‘Abdul ‘Aziz Ismail, menyatakan bahwa membasuh anggota tubuh yang terlihat beberapa kali dalam sehari-dapat mencegah dari penyakit kulit dan peradangan.  Sebab, kebanyakan kuman, seperti parasit cacing, masuk ke tubuh manusia lewat kulit.

Dr. Abdul Wahid Al-Wakil, pakar ilmu kesehatan dan pencegahan penyakit dari Cairo University, mengatakan kulit menjalankan fungsi yang sangat penting bagi tu- buh, yaitu mengeluarkan keringat yang mengandung zat-zat minyak dan garam.

Bila air menguap, tersisa garam dan zat-zat minyak yang menumpuk pada kulit yang bisa menyebabkan tertutupnya pori-pori kelenjar
keringat. Akibatnya, proses keluarnya keringat tidak berjalan dengan baik sehingga menyebabkan terjadinya penularan penyakit.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan