Makanan Favorit Masyarakat Indonesia Saat Sahur, Kamu Golongan Mana?

JABAR EKSPRES – Sahur merupakan hal yang pasti dilakukan oleh ummat Islam dalam menjalankan puasa. Tidak jarang banyak membuat daftar makanan dan menu sahurnya.

Ternyata, masyarakat kita masih dominan dalam mengonsumsi nasi dan lauk pauk untuk sahurnya dengan 67,3% menurut survey yang dilakukan oleh GoodStats terhadap pola perilaku masyarakat Indonesia sepanjang Ramadhan 2023.

Berikut daftar lengkap makanan sahur favorit masyarakat Indonesia berdasarkan survey tersebut.

No.

Menu

Jumlah

1

Nasi dan Lauk Pauk67,3%

2

Mie

11,1%

3

Buah-Buahan6,1%

4

Kolak5,1%
5Aneka Gorengan

5%

6Kue

3%

7Lainnya

2,4%

BACA JUGA: Rekomendasi Menu Sahur Sehat Praktis, Wajib Dicoba!

Nasi dan lauk pauk menguasai daftar sebagai makanan terfavorit masyarakat Indonesia untuk sahur dengan 67,3 persen. Jumlah ini tentunya sangat dominan disbanding yang lainnya.

Mie berada di urutan kedua dengan 11,1 persen. Hal ini karena mie merupakan menu termudah untuk dibuat saat sahur karena tidak memakan banyak waktu. Dengan mata masih mengantuk, mie merupakan pilihan yang tepat untuk mengawali puasa.

Buah-buahan berada di urutan ketiga dengan 6,1 persen. Banyak orang diet yang memilih memakan buah dibandingkan dengan makan makanan lainnya. Buah yang kaya serat dan air mampu memberikan kekuatan dan energi sehingga tenaga untuk melakukan semua aktivitas saat puasa terpenuhi.

BACA JUGA: Begini Caranya Agar Cairan Tubuhmu Tahan Saat Berpuasa!

Tak sangka, ada kolak berada di makanan masyarakat Indonesia saat sahur. Dengan 5,1 persen, tentunya angka ini cukup tinggi. Kolak memiliki gula sehingga bisa diolah oleh tubuh. Selain itu, isian dari kolak seperti ubi, pisang, dan buah lainnya membuat kolak bisa menjadi pilihan alternatif buat kamu jika takjilnya tidak habis. Hehe…

Aneka gorengan berada di bawah kolak dengan 5 persen. Gorengan juga memiliki banyak bahan yang bisa tubuh olah. Tepung, sayuran, dan bahan lainnya bisa sebagai alternatif nasi.

Kue berada di bawah gorengan dengan 3 persen koresponden karena kue bisa sebagai pengganti karbohidrat. Banyak juga kue yang manis sehingga gulanya bisa diolah menjadi energi.

2,4 persen merupakan makanan lainnya yang dipilih oleh masyarakat Indonesia. Selain makanan di atas merupakan makanan yang dipilih oleh masyarakat Indonesia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan