Demi Mudik Aman dan Nyaman, Dishub Kota Bandung Segera Lakukan Ramp Check

JABAR EKSPRES – Dinas Perhubungan Kota Bandung bakal menggelar kegiatan ramp check, demi memastikan dan menciptakan angkutan mudik yang aman dan nyaman.

Kepala Seksi Pengujian Kendaraan Bermotor, Dinas Perhubungan Kota Bandung, Dede Agus Sumantri menuturkan, pelaksanaan kegiatan ini nantinya akan dibagi ke dalam 2 tahapan.

Untuk tahapan pertama, pihaknya akan melaksanakan pengecekan dengan meninjau langsung seluruh PO yang berada di Kota Bandung.

“Untuk ramp check nanti akan dilaksanakan di pool bus yang ada di Kota Bandung. jumlahnya ada 10 PO bus, baik  parawisata ataupun reguler” kata Dede Agus Sumantri kepada Jabar Ekspres, 4 April 2023.

Tahapan kedua yaitu, melaksanakan kegiatan ramp check di terminal type A yang ada di Kota Bandung. kegiatan ini mulai  dilaksanakan pada saat seminggu menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Untuk ramp check yang dilakukan di terminal type A, yaitu Terminal Leuwipanjang dan Terminal Cicaheum. pelaksanaannya itu H-7 sampai H+7 lebaran” ujarnya.

Dede menjelaskan, proses pengecekan nantinya dibagi ke dalam 2 poin yaitu pemeriksaan dan administrative.

Untuk poin pemerikasaan akan meliputi aspek kelayakan yang ada pada bus. Sementara aspek adminstratif berkaitan dengan dokumen kendaraan.

“Fokus pemeriksaan nanti meliputi sistem pengereman, sistem penerangan, sistem kemudi, kualitas ban (tidak vulkanisir), kaca tidak pecah, dan alat tanggap (P3K, pemecah kaca, APAR) yang ada pada bus” jelasnya.

“Untuk poin administratif itu tentang, masa berlaku BLUE-e, KP, STNK, dan kesesuaian DWP” tambahnya.

Deden menyebutkan, Imbauan terus dilakukan kepada para pemilik PO bus yang ada di Kota Bandung untuk mempersiapkan kendaraan yang layak jalan, dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Imbauan terus dilakukan, agar PO bus mempersiapkan armada yang layak jalan. Dan beroperasi sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku” pungkasnya. (Mg1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan