Cek Sekarang! THR PNS 2023 Cair Hari Ini, Sri Mulyani: Sudah Mulai Dicairkan 4 April 2023

JABAR EKSPRES – Berikut ini merupakan informasi THR PNS 2023 yang sudah mulai cair per hari ini, Selasa 4 April 2023.

Jadi, bagi kamu para pegawai sipil negara, kamu sudah mulai bisa mendapatkan THR PNS 2023 per hari ini.

Adapun Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sendiri yang mengatakan bahwa pencairan THR PNS 2023 mulai pada hari ini.

“Untuk pencairan THR ini akan dimulai H-10 dari hari Raya Idul Fitri. Ini kira-kira tanggal 4 April sudah mulai dicairkan,” kata Sri Mulyani saat konferensi pers virtual yang disiarkan melalui kanal YouTube Kemenpan RB, Rabu 29 Maret 2023.

Bonus yang berhak kamu dapatkan sebagai aparatur sipil negara adalah komponen pembayaran gaji pokok atau pensiunan pokok.

Selain itu, kamu juga berhak mendapatkan tunjangan yang merupakan bagian dari gaji atau pensiunan pokok itu sendiri.

BACA JUGA: Ada 2 Bantuan Resmi dari Pemerintah Sebelum Lebaran, Rp600.000 Siap Cair, Ayo Siap-Siap!

Apa Saja Bonus Lebaran PNS 2023?

Kalau kamu merupakan ASN, maka kamu bakal mendapatkan tunjangan keluarga, tunjangan fungsional, dan juga tunjangan pangan.

Kamu juga bakal mendapatkan tambahan 50 persen tunjangan kinerja per bulan, bagi yang sebelumnya mendapatkan tukin, khusus untuk bonus PNS dan pensiunan.

“Dan seperti tahun 2022, maka THR tahun ini juga ditambahkan komponen 50 persen tunjangan kinerja per bulan bagi yang memang mendapatkan tunjangan kinerja,” lanjut kata Sri Mulyani.

Khusus bagi pejabat di instansi pemerintah daerah, para pejabatnya bakal mendapatkan 50 persen penambahan penghasilan bagi yang mampu meningkatkan dan memperhatikan undang-undang kawasan wewenangnya.

BACA JUGA: Mahfud MD Dianggap Bawel, Politisi PDIP: Apa-Apa Dikomentarin!

Dan untuk bagi guru dan dosen juga bakal mendapatkan 50 persen tunjangan profesi, meski tidak mendapatkan tukin dan penghasilan tambahan (tamsil).

Melansir berbagai sumber, setidaknya ada 1,8 juta orang yang berstatus sebagai ASN bakal mendapatkan bonus lebaran ini.

Kemudian sebanyak 3,7 juta orang ASN daerah bakal mendapatkan bonus ini. Dalam hal ini mereka yang berprofesi sebagai guru sebanyak 1,1 juta guru dan guru ASN juga bakal mendapatkan bonus ini.

Adapun Sri Mulyani berharap agar penyaluran THR tahun ini dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dalam kuartal I-2023 setidaknya sebesar 5 persen.*** (arp/bbs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan