5 Sahabat Rasulullah SAW. Terkaya, Berapa Dan Darimana Kekayaannya?

JABAR EKSPRES – Ternyata beberapa sahabat Rasulullah SAW. merupakan orang terkaya pada zamannya. Walaupun begitu, mereka tetap ringan tangan atau dermawan. Kekayaan mereka yang begitu banyak, mereka dapatkan dari perdagangan.

Tahukah kamu, ada beberapa sahabat Rasulullah SAW. yang menjadi orang terkaya pada masanya dan memiliki kekayaan yang melimpah. Berikut daftar namanya.

  1. Abdurrahman bin Auf

Abdurrahman bin Auf merupakan sahabat Rasulullah SAW. yang paling kaya karena kejeniusannnya dalam berdagang. Bahkan saat pindah ke Madinah, beliau meninggalkan semua kekayaannya di Makkah dan merintis ulang bisnis dari nol.

BACA JUGA: Asal Usul THR, Udah Pada Tahu Belum?

Beliau memiliki kekayaan sebesar 3.2 juta Dinar, 100 ekor kuda, 1000 ekor unta, dan 3000 ekor kambing saat wafat. Jika disetarakan dengan kurs rupiah saat ini, kekayaannya mencapai 6.2 triliun Rupiah.

Saat akan wafat, Abdurrahman bin Auf memberikan 400 Dinar kepada para peserta perang Badar yang masih hidup. Kala itu, jumlah peserta perang Badar yang masih hidup sebanyak 100 orang. Ini merupakan salah satu isi wasiat beliau.

  1. Zubair bin Awwam

Zubair bin Awwam merupakan salah satu sahabat Rasulullah yang pintar berdagang. Beliau juga rajin menginfakkan hartanya untuk berjuang di jalan Allah.

Saat Rasulullah SAW. memerintahkan para sahabat untuk hijarah ke Habasyah, Zubair bin Awwam merupakan salah satunya.

Harta kekayaan yang beliau miliki sangat berlimpah. Beliau memiliki 1 rumah di Kuffah, 1 rumah di Mesir, 2 rumah di Bushrah, dan 11 rumah di Madinah. Andai dirupiahkan dengan kurs saat ini, kekayaannya mencapai 3.5 triliun.

Saat akan wafat, Zubair bin Awwam mewasiatkan 57.6 juta Dirham.  Jumlah tersebut sudah masuk ke dalam 3.5 triliun Rupiah tersebut.

BACA JUGA: 4 Poin Penting Memuliakan Tamu Dalam Islam

  1. Utsman bin Affan

Utsman bin Affan merupakan Khulafaur Rasyidin ketiga yang menggantikan Umar bin Khattab. Beliau juga seorang ahli berdagang sehingga memiliki kekayaan yang melimpah.

Total aset yang Utsman bin Affan miliki adalah sekitar 2.5 triliun Rupiah (jika mengambil kurs Rupiah hari ini) dengan rincian 30 juta Dirham, 350 ribu Dinar, 100 ekor unta, dan aset tanah dan kuda.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan