5 Sahabat Rasulullah SAW. Terkaya, Berapa Dan Darimana Kekayaannya?

Perhitungan tersebut bisa lebih kecil nilainya mengingat jumlah tersebut belum mencakup aset seperti sumur wakaf, hibah unta sebanyak 950 ekor, dan aset tanah serta kuda yang jumlahnya sangat banyak.

  1. Thalhah bin Ubaidillah

Thalhah bin Ubaidillah merupakan sahabat Rasulullah SAW. yang selalu ikut berperang bersama beliau, kecuali perang Badar. Selain itu, beliau juga pintar berdagang sehingga telah menjadi pebisnis yang kaya raya pada usia muda.

BACA JUGA: Ternyata Begini Pandangan Islam Tentang Pamer

Saat wafat, Thalhah bin Ubaidillah meninggalkan 2.2 juta Dirham, 200 ribu Dinar, dan sedekah tanah. Jika disetarakan dengan kurs rupiah hari ini, maka kekayaan beliau sekitar 542 miliar Rupiah.

Mengutip sumber lain, jumlah kekayaan yang beliau miliki (tunai dan non-tunai) saat wafat adalah 30 juta Dirham.

  1. Sa’ad bin Abi Waqash

Sa’ad bin Abi Waqqash adalah sahabat Rasulullah SAW. yang sangat istimewa karena tidak memiliki sedikit pun rasa iri. Lalu, beliau merupakan sahabat Rasulullah SAW. pertama yang melepaskan anak panah untuk jihad di jalan Allah dan merupakan orang pertama juga yang terkena anak panah. Beliau selalu mengiri Rasulullah SAW. untuk berjihad di jalan Allah.

Saat wafat, Sa’ad bin Abi Waqqash memiliki kekayaan sebesar 250 ribu Dirham atau setara 15 miliar Rupiah (jika disetarakan dengan kurs Rupiah hari ini.

Demikianlah 5 sahabat Rasulullah SAW. yang memiliki kekayaan berlimpah, namun tetap ingat Allah dan tetap berjihad di jalannya. Mereka merupakan contoh sukses untuk meraih kebahagiaan di dunia maupun di akhirat. (*)

BACA JUGA: Jejak Perjuangan Cut Nyak Dhien Di Sumedang

 

Tinggalkan Balasan