Tips Sehat dan Menghindari Sakit Selama Puasa di Bulan Ramadhan

 

JABAR EKSPRES – Gak enak banget kan kalo pas puasa ternyata kamu terserang penyakit. Kenyamanan puasa terganggu bahkan bisa juga batal. Berikut ada lima tips sehat  untuk mencegah dan menghindari sakit selama puasa di bulan Ramadhan.

Kondisi sakit walau bukan saat puasa di Bulan Ramadhan saja pasti membuat kita tidak nyaman dalam melakukan aktifitas harian. Apalagi bila dalam kondisi puasa.

Pasalnya saat puasa kita tidak bisa mengonsumsi obat sesuai jadwal, sehingga masa pemulihan sakit menjadi lebih lama.

Belum lagi saat puasa metabolisme kita pasti tergangu karena selama lebih dari 12 jam tidak terisi makanan. Dan pola tidur kita juga akan berantakan karena harus bangun dini hari untuk makan sahur.

Kondisi tersebut akan sangat mempengaruhi kesehatan seseorang.Sehingga dibutuhkan sebuah pola baru untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bisa menghindari sakit selama puasa bulan ramadhan.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan selama bulan ramadhan agar kondisi tubuh senantiasa berada dalam kondisi yang fit dan siap untuk menjalani ibadah dan aktivitas, seperti dilansir dari laman Kemenkes RI.

1. Pola Makan Sahur yang baik

Sebelum menjalankan ibadah puasa, umat islam diwajibkan untuk Sahur. Karena sahur memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga stamina tubuh.

Yang perlu diperhatikan saat sahur adalah pemilihan waktu yang tepat, yakni sesuai dengan syariat untuk sahur diakhir waktu.

Selain itu juga pemilihan menu sahur yang seimbang. Disarankan untuk perbanyak konsumsi makanan yang tinggi serat seperti buah dan sayur, serta hindari makanan yang tinggi minyak karena akan menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan kantuk di siang hari

2. Pola makan saat berbuka

Saat berbuka, merupakan waktu yang paling  dinanti-nantikan. Karena perut sudah kosong seharian. Sehingga kadang orang tidak peduli tingkat kesehatan makanan yang akan dikonsumsi saat berbuka.

Disarankan agar jangan langsung mengkonsumsi banyak makanan saat berbuka. Hal ini akan menyebabkan perut menjadi sesak dan bisa terjadi masalah dalam pencernaan.

Sebaiknya makan makanan secukupnya secara bertahap, dimulai dengan mengkonsumsi air putih dan sedikit makanan manis.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan