Tingkatkan Pelayanan Pengobatan Jantung, BPJS Kesehatan Cimahi Bekerja Sama dengan RSUD Cibabat

JABAR EKSPRES – Guna meningkatkan pelayanan pengobatan penyakit jantung bagi peserta JKN, BPJS Kesehatan Cabang Cimahi menjalin kerja sama dengan RSUD Cibabat Kota Cimahi.

Pemilihan RSUD Cibabat karena di tempat tersebut menyediakan fasilitas layanan cath lab (laboratorium kateterisasi jantung dan angiografi).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Cecep Heri Suhendar mengatakan, dengan adanya kerja sama tersebut, pihaknya berharap RSUD Cibabat dapat memberikan pelayanan pengobatan jantung yang lebih maksimal kepada peserta JKN.

Cecep mengaku, BPJS Kesehatan akan selalu berupaya memberikan dukungan penuh bagi seluruh provider mitra baik rumah sakit maupun Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), baik swasta maupun milik pemerintah dalam mengembangkan pelayanan kepada peserta JKN.

”Kami mengapresiasi RSUD Cibabat yang mulai hari ini layanan cath lab-nya sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” ungkapnya, Kamis (30/3).

Cecep berharap RSUD Cibabat bisa terus memberikan pelayanan terbaik kepada Peserta JKN, terlebih dengan adanya penambahan fasilitas cath lab tersebut.

”Tetaplah berkomitmen dalam dalam mendukung transformasi mutu layanan BPJS Kesehatan dengan mematuhi seluruh aturan dan kontrak yang ada,” ujar Cecep.

Sementara itu, Direktur RSUD Cibabat Sukwanto Gamalyono menerangkan, cath lab merupakan layanan yang dilakukan di laboratorium kateterisasi jantung.

Cat lab mendukung tindakan invasif non bedah dan menegakkan diagnosa sebagai intervensi/terapeutik melalui pembuluh darah vena atau arteri menggunakan kateter kecil.

Layanan cath lab ini menggunakan mesin kateterisasi pembuluh darah canggih yang dapat membantu dokter ahli jantung untuk memperoleh gambaran sumbatan atau kelainan pembuluh darah di area jantung agar terlihat dengan lebih jelas.

”Dengan adanya layanan cath lab di RSUD Cibabat yang sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan tentunya akan sangat membantu para peserta JKN yang membutuhkan,” ucapnya.

Di tempat yang sama Pejabat (Pj) Wali Kota Cimahi Dikdik S.Nugrahawan mengatakan, penandatanganan kerja sama tersebut telah tercatat dalam addendum MoU dan baru dapat diakses pada 1 April 2023.

Ia juga mengatakan dengan adanya cath lab ini, peserta JKN akan diberikan kemudahan untuk mengakses pelayanan kesehatan di wilayah Cimahi. Menurutnya, layanan cath lab ini akan menjadi salah satu unggulan di RSUD Cibabat untuk menjawab kebutuhan pasien JKN.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan