Fakta atau Hoaks: Mahasiswa Tolak Pengesahan Perppu Cipta Kerja Hingga Robohkan Istana Negara

JABAR EKSPRES – Beredar video yang mengklaim bahwa sejumlah mahasiswa tolak pengesahan Perppu Cipta Kerja hingga robohkan Istana Negara, sehingga perlu dipastikan fakta atau hoaks.

Seperti diketahui bahwa beredarnya video yang mengklaim bahwa sejumlah mahasiswa tolak Perppu Cipta Kerja hingga robohkan Istana Negara tersebut membuat publik bertanya hal tersebut fakta atau hoaks.

Pasalnya, sebagian pihak memercayai bahwa rekaman video yang mengklaim bahwa sejumlah mahasiswa tolak Perppu Cipta Kerja hingga robohkan Istana Negara itu adalah benar tanpa memastikan fakta taau hoaks.

BACA JUGA: Cek Fakta: Oralit Dapat Cegah Haus saat Puasa? Begini Kata Dokter

Sebelumnya, pada 30 Desember 2022 lalu, sejumlah kelompok buruh dan mahasiswa sempat menggelar demonstrasi dan menyatakan penolakan mereka terhadap Perppu Cipta Kerja yang diteken oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Perppu Cipta Kerja memang sempat menjasi perbvincangan hangat di kalangan masyarakat, karena ada yang pro dan ada juga yang kontra.

Sebagai informasi, Perppu Cipta Kerja telah disahkan menjadi Undang-Undang dalam Rapat Paripurna DPR di Senayan, Jakarta Pusat, pada Selasa, 21 Maret 2023 lalu.

BACA JUGA: Cek Fakta: PLN Bagikan Token Listrik Gratis Via Aplikasi? Begini Faktanya

Pada Rabu, 21 Maret 2023 muncul unggahanvideo di YouTube yang mengegerakan netizen karena aksi masyarakat tersebut.

Video berdurasi delapan menit tersebut telah mendapatkan beragam reaksi dari netizen bahwa ada yang membagikannya kembali ke sejumlah platform media sosial.

Berdasarkan rekaman video tersebut, menampilkan sejumlah mahasiswa tengah melakukan aksi demonstrasi bahkan terlihat juga sejumlah personel aparat.

Tak hanya itu, video tersbeut juga dilengkapi dengan narasi sebagai berikut:

“MALAM MENCEKAM..! MAHASISWA ROBOHKAN ISTANA MALAM INI – BERITA TERBARU – KABAR AKURAT”

Lalu, video yang mengklaim sejumlah mahasiswa tolak pengesahan Perppu Cipta Kerja hingga robohkan Istana Negara fakta atau hoaks?

Dikutip JabarEkspres.com dari Antara pada Selasa, 28 Maret 2023, berdasarkan hasil penelusuran, unggahan video YouTube tersebut tidak benar atau hoaks.

Faktanya, ANTARA tidak menemukan peristiwa demonstrasi mahasiswa yang menolak Perppu Cipta Kerja yang disahkan sebagai Undang-Undang hingga merobohkan Istana Negara.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan