Fakta atau Hoaks: Mahasiswa Tolak Pengesahan Perppu Cipta Kerja Hingga Robohkan Istana Negara

Bahkan tidak pernah ada pemberitaan yang menginformasikan hal tersbeut secara resmi, serta tidak ada bukti dari peristiwa tersebut.

Akan tetapi, mahasiswa dan buruh juga sempat melakukan demonstrasi lantaran menolak pengesahan Perppu Ciptaker menjadi Undang-Undang oleh DPR RI namun tidak sampai merobohkan Istana Negara.

Media arus utama yang melaporkan aksi mahasiswa dan buruh menolak pengesahan Perppu Cipta Kerja itu di anataranya yakni Detik, Okezone, dan Sindo.

Sementara itu, potongan video yang diunggah melalui YouTube tersebut merupakan kompilasi potongan video demonstrasi pada momen yang berbeda.

Bahkan narator dalam video tersebut membacakan konten berita Viva.com yang berjudul “Strategi Polisi Agar Demo Setahun Jokowi-Ma’ruf Tak Berakhir Ricuh” dan Okezone.com yang berjudul “Demo Mahasiswa Tolak Perppu Ciptaker di Depan Gedung DPR Bertahan hingga Magrib”.

Namun video tersebut malah menyertakan narasi bahwa sejumlah mahasiswa tolak pengesahan Perppu Cipta Kerja hingga robohkan Istana Negara. Sehingga informasi tersebut adalah tidak benar atau hoaks.(*)

Tinggalkan Balasan