Makanan Buka Puasa Sehat! untuk Orang Sakit Lambung

JABAR EKSPRES – Selain menjalankan ibadah puasa, banyak orang yang menghabiskan waktu di dapur untuk memasak hidangan lezat untuk berbuka puasa. Namun, bagi orang yang memiliki masalah kesehatan seperti sakit lambung, memilih makanan yang tepat untuk berbuka puasa bisa menjadi tantangan tersendiri.

Sakit lambung dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti pola makan yang tidak sehat, infeksi bakteri, stres, dan banyak lagi. Gejala sakit lambung dapat sangat mengganggu dan bahkan membuat seseorang tidak dapat menikmati hidangan berbuka puasa seperti biasanya. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih makanan yang tepat untuk berbuka puasa.

Berikut adalah beberapa makanan buka puasa yang cocok untuk orang yang sakit lambung:

BACA JUGA: Konsumsi Susu Saat Puasa? Ada Manfaatnya Loh!

  • Sayuran

Sayuran adalah makanan yang kaya serat dan rendah lemak, sehingga sangat cocok untuk orang yang memiliki masalah dengan lambung. Misal seperti bayam, kangkung, brokoli, dan kubis dapat menjadi pilihan yang baik untuk menu berbuka puasa. Kalian bisa memasaknya dengan cara merebus atau menumis dengan sedikit minyak zaitun.

  • Buah-buahan

Buah-buahan segar seperti apel, pir, dan anggur juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk berbuka puasa. jenis buah tersebut mengandung serat yang tinggi dan rendah lemak, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh orang yang sakit lambung.

Namun, sebaiknya hindari buah-buahan yang asam seperti jeruk dan lemon, karena bisa membuat lambung menjadi lebih sakit.

BACA JUGA: Tata Cara Mandi Wajib yang Benar? Sebelum Kalian Berpuasa!

  • Kentang rebus

Kentang rebus adalah makanan yang mudah cerna oleh tubuh dan rendah lemak. Oleh karena itu, kentang rebus bisa menjadi pilihan yang baik untuk menu berbuka puasa. Kalian bisa memasaknya dengan sedikit garam dan sedikit minyak zaitun.

  • Daging ayam atau ikan

Daging ayam atau ikan yang rendah lemak dapat menjadi pilihan yang baik untuk menu berbuka puasa. Kalian bisa memasaknya dengan cara dipanggang atau direbus dengan sedikit rempah-rempah. Hindari daging yang terlalu berlemak atau pedas, karena bisa membuat lambung menjadi lebih sakit.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan