Konsumsi Susu Saat Puasa? Ada Manfaatnya Loh!

JABAR EKSPRES – Saat bulan puasa, tubuh kita membutuhkan asupan nutrisi yang lebih baik dan seimbang. Salah satu sumber nutrisi yang baik dan mudah dapatkan yaitu susu. Susu mengandung berbagai nutrisi penting seperti protein, kalsium, vitamin D, vitamin B12, dan mineral lainnya yang dapat membantu tubuh tetap sehat selama bulan puasa. Berikut adalah beberapa manfaat mengkonsumsi susu saat bulan puasa:

  • Menjaga Keseimbangan Nutrisi

Ketika berpuasa, tubuh kehilangan asupan nutrisi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Konsumsi susu dapat membantu menjaga keseimbangan nutrisi tubuh kalian. Susu mengandung protein yang dapat membantu memperbaiki dan membangun sel-sel tubuh yang rusak dan berguna untuk pertumbuhan dan perbaikan otot. Selain itu, kandungan kalsium pada susu sangat penting untuk mempertahankan kekuatan tulang dan gigi.

BACA JUGA: Pilihan Terbaik! Makanan Ringan Sehat untuk Berbuka Puasa

  • Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Susu mengandung laktosa, yaitu gula alami yang dapat temukan dalam susu. Laktosa dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan kalian dengan membantu menyeimbangkan mikroorganisme dalam sistem pencernaan. Kandungan probiotik dalam susu juga dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan kalian.

  • Menjaga Kadar Gula Darah

Ketika berpuasa, kadar gula darah dapat berfluktuasi dengan cepat. Namun, konsumsi susu dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil selama bulan puasa. Kandungan protein dalam susu dapat membantu menyerap glukosa dengan lebih lambat sehingga kadar gula darah dapat dijaga secara stabil.

BACA JUGA: Menu Sahur Yang Sehat Apa Ya? Berikut Referensi Buat Sahur!

  • Menjaga Hidrasi

Susu mengandung air dan elektrolit seperti natrium, kalium, dan magnesium yang dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi selama bulan puasa. Konsumsi susu dapat membantu mencegah dehidrasi dan gejala yang berkaitan dengan dehidrasi seperti sakit kepala dan kelelahan.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan asam lemak tak jenuh dalam susu dapat membantu menjaga kesehatan jantung kalian dengan mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular seperti stroke dan serangan jantung.

Susu merupakan sumber nutrisi yang baik dan penting bagi tubuh saat bulan puasa. Manfaat konsumsi susu dapat menjaga keseimbangan nutrisi, meningkatkan kesehatan pencernaan, menjaga kadar gula darah, menjaga hidrasi, dan menjaga kesehatan jantung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan