Keutamaan Membaca Al-Qur’an di Bulan Suci Ramadhan, Dapat Pahala Berlipatganda

JABAR EKSPRES – Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh kesucian. Dengan menjalankan ibadah puasa, shalat, dan tadarus Al-Qur’an, kita akan mendapatkan pahala yang sangat berlimpah.

Seluruh umat muslim dianjurkan untuk mengkhatamkan Al-Qur’an pada bulan Ramadhan karena pahalanya yang sangat besar. Karena pada bulan suci ini kitab suci umat Islam diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Semua perbuatan dan amal yang baik akan dilipatgandakan saat bulan Ramadhan. Hal ini karena Allah SWT memberikan pujian yang sangat tinggi di bulan suci ini dibandingkan bulan-bulan lainnya.

Tentu saja kita juga perlu memenuhi syarat utama pada saat membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan ini. Yaitu haqqa tilawatih. Arti dari haqqa tilawatih, menurut Imam Al-Ghazali, adalah membaca Al-Qur’an dengan lisan, akal, dan qalbu.

Lisan yang berarti membaca Al-Qur’an dengan benar dan sesuai dengan kaidahnya. Akal berarti memahami arti dari bacaannya. Dan Qalbu yaitu meresapi dan merenungi setiap maknanya untuk mendapatkan pelajaran/ilmu dan mentaati segala perintah dan menjauhi larangan-Nya.

Adapun manfaat membaca/tadarus Al-Qur’an di bulan Ramadhan adalah sebagai pemberi syafa’at di hari kiamat, menjadi hujjah atau pembela, melipatgandakan pahala, dimuliakan, dan memberikan mahkota cahaya kepada kedua orang tuanya pada hari kiamat.

Kita juga akan memperoleh rahmat Allah SWT dan dijaga oleh malaikat dari segala kejahatan yang ada di dunia maupun kelak di akhirat nanti.

Jika ilmu bacaan kita masih belum baik, ada bagusnya untuk kita mulai belajar untuk menyempurnakan bacaan Al-Qur’an. Kita bisa memulainya dengan belajar kepada guru atau kepada orang yang bisa mengajari membaca Al-Qur’an.

Atau seiring dengan berkembangnya teknologi, kita juga dapat belajar dari berbagai macam video pelajaran untuk membaca dengan benar dari internet.

Allah SWT maha pemurah lagi maha penyayang, akan selalu memberikan jalan bagi umatnya yang berbuat kebaikan.

Ada banyak sekali manfaat dari membaca Al-Qur’an, di bulan Ramadhan maupun pada bulan lainnya. Namun, di bulan penuh ampunan dan kesucian ini, ada baiknya kita membaca dan mengamalkan Al-Qur’an sebaik mungkin. Wallahu A’lam

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan